Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP)

  • 28 Desember 2018 17:10:56
  • 1299 views

Pelayanan Publik di Kulon Progo semakin efektif dan efisien, karena saat ini sudah dilakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di Jalan Wates Km.1. cukup ke MPP, masyarakat dapat mengurus berbagai layanan publik baik layanan instansi Pemkab di Kulon Progo maupun instansi vertical, BUMD, BUMN.

Soft Launching MPP Kabupaten Kulon Progo dilakukan oleh Bapak Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dengan melakukan pengguntingan Buntal, disaksikan Asisten Deputi Koordinasi Pelakasanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Kemen PAN dan Reformasi Birokrasi RI, Dra.Damayani Tyastianti,MQM, Forkopimda, Dirut BUMD. Seusai pemotongan buntal, dilanjutkan kunjungan ke berbagai Stand Layanan MPP, berdiskusi dengan petugas layanan.

Pada kesempatan ini, Bupati juga memberikan piagam penghargaan kepada 4 (empat) tokoh yang dinilai berperan. Yaitu Penyerahan Piagam Penghargaan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat bidang Penerbangan diberikan kepada Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug Tri Agung dalam pembiayaan seluruh penyiapan SDM, Ketua Himpunan Penyelenggara diklat Pramugari dan Airliner Staf (HIP4S) selaku Penyelenggara Pelatihan, Kepala SMK Maarif 1 Wates sebagai tempat pelatihan, Rektor Universitas Kristen Duta Wacana dalam membangun sistem informasi lowongan Kerja.

Bupati Kulon Progo menyampaikan bahwa pembangunan pelayanan di Kabupaten Kulon Progo tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, tapi juga swasta dan instansi vertical yang mengemban pelayanan di Kulon Progo

“Secara umum MPP ini lebih pada bagaimana mengemban tugas new public management dan new public service. Semua pimpinan saat ini harus punya jiwa entrepreneur. Sehingga kita lakukan pelayanan sefisien mungkin. kalau bisa membangun, tapi kalau bisa tidak harus bersumber dari Pemerintah. Ini memang tantangan bagi pemerintah sekarang dalam mengemban new public management. Dan new public service intinya bagaimana berikan rasa keadilan dalam memberikan layanan kepada publik” kata Dokter Hasto, Jumat, (28/12/2018).

Terkait Soft launching ini, Asisten Deputi Koordinasi Pelakasanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Kemen PAN dan Reformasi Birokrasi RI, Dra.Damayani Tyastianti,MQM, menyatakan sangat mendukung langkah Pemkab Kulon Progo untuk membentuk Mal Pelayanan Publik dalam rangka berikan kemudahan bagi masyarakat, dan kami mengapresiasi atas apa yang dilaksanakan.

“Atas nama KemenPAN RB mengucapkan selamat atas Soft Launching MPP Kulon Progo.” kata Dra.Damayani Tyastianti,MQM.

“MPP di Kulon Progo adalah yang pertama di DIY dan merupakan yang ke-11 secara keseluruhan di Indonesia. Ini merupakan kado tahun baru terindah bagi masyarakat Kulon progo dan pemerintah.” Tambah Dra.Damayani Tyastianti,MQM.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,MHum. Menyampaikan MPP yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan efektifitas dalam memberikan pelayanan kemudahan dalam berusaha, dan pelayanan public yang efektif dan efisien.

“Dan sudah dilaksanakan kesepahaman dengan 11 instansi vertical yang membuka layanan  di MPP ini.” Kata Ir.RM.Astungkoro,MHum.

(at@humaskp)