Kulon Progo mendapat Anugerah Parahita Ekapraya 2018

  • 19 Desember 2018 15:09:55
  • 1076 views

Kulon Progo mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 Kategori Utama dari Pemerintah yang diserahkan di Sekretariat Wakil Presiden RI, Rabu (19/12/2018).


Hadir pada kesempatan ini Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan juga menteri,  gubernur,  Bupati,  Walikota yang mendapatkan penghargaan. 


Penghargaan APE 2018 ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof.DR.Yohana Susana Yembise,Dip.Apling,MA, dan diterima langsung oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

APE 2018 adalah penghargaan sekaligus bentuk apresiasi dari Pemerintah RI atas komitmen dan peran para pemimpin kementerian lembaga, dan pemerintah daerah yang telah melaksanakan dimensi operasional pembangunan PPPA yakni pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, melalui strategi pengarusutamaan gender.

Pada kesempatan ini, ada 9 (Sembilan) kementerian lembaga, 20 (dua puluh) pemerintah provinsi, 159 (seratus lima puluh Sembilan) Pemerintah kabupaten/ kota, yang terbagi dalam 4 (empat) kategori, Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Utama dan Kategori Mentor.

Menteri PPPA RI menyampaikan, hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui pengarusutamaan gender, pada kementerian lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/ kota.

“Pemerintah melalui kementerian PPPA mengevaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan selanjutnya memberikan Anugerah Parahita Ekapraya sejak 2004.” Kata Menteri PPPA RI.

Untuk Kabupaten Kulon Progo pada tahun ini mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 Kategori Utama. Kategori utama diberikan kepada kementerian lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai berhasil dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak secara berkesinambungan melalui pengintegrasian isu gender kedalam kebijakan program dan kegiatan pembangunan

Seusai mendapat  Penghargaan APE 2018 ini, Bupati Kulon Progo dr.dH.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan bersyukur dan diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan dimasa-masa yang akan datang.

“Hari gini pengarusutamaan gender itu penting sekali. Dan juga peran-peran perempuan itu penting, sehingga indikator kepedulian Pemerintah Daerah terhadap perempuan dan anak itu menjadi sesuatu yang sangat mutlak diperlukan. Sehingga pengarusutamaan ini tentu menjadi bagian dari ukuran bahwa kita itu mempunyai kepedulian, mengarusutamakan gender untuk di Kabupaten Kulon Progo.” kata Dokter Hasto panggilan Bupati Kulon Progo.

“Dan bagi kabupaten tentu bukan tugas yang ringan karena kabupaten itu harus mengurus perempuan-perempuan, yang ada di pelosok-pelosok yang notabene status pendidikannya dan juga akses untuk menjangkau mereka tidak mudah. Oleh karena itu saya kira penghargaan ini kita pakai sebagai suatu motivasi untuk kemudian mempertahankan prestasi, dan justru untuk meningkatkan dimasa-masa yang akan datang, agar peran perempuan dalam pembangunan menjadi lebih baik lagi. “ tambah dokter Hasto.

Wakil Presiden RI Jufuf Kalla pada kesempatan ini menyampaikan, dalam perkembangan dunia saat ini ada beberapa hal yang jadi bagian utama dan jadi hal yang perlu ditingkakan.  Yaitu tentang Demokrasi, perubahan iklim, dan perhatian utama adalah kesetaraan gender. Demikian juga Indonesia mengarusutamakan selain demokrasi, perubahan iklim juga ada menteri khusus ingin mendorong agar peranan perempuan dan perlindunan anak lebih baik.

 (at@humaskp)