Kulon Progo segera miliki Mal Pelayanan Publik

  • 18 Desember 2018 11:07:19
  • 2093 views

Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kulon Progo akan segera dilaunching. Dengan adanya MPP ini, masyarakat akan semakin dimudahkan pelayanannya karena pelayanan perizinan dan nonperizinan yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/ Badan Usaha Milik Daerah/ Swasta sebagian besar akan berada dalam satu tempat.

Gedung MPP Kabupaten Kulon Progo Jl.KH.Ahmad Dahlan Wates, direncanakan akan soft launching akhir Desember 2018, dan akan dilakukan grand launching pada bulan Maret 2019. Sebelum dilakukan soft launching, Bupati Kulon Progo bersama beberapa instansi melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Instansi vertikal dan PT.Bank BPD DIY Cabang Wates tentang Pelayanan Mal Pelayanan Publik di Kab. Kulon Progo dilakukan di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, Senin (17/12/2018).

Penandatanganan pertama dilakukan antara Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dengan Kapolres Kulon Progo Ajun Komisaris Besar Polisi Anggara Nasution,SH,SIK,MM. Selain dengan Polres, Bupati Kulon Progo juga melakukan penandatanganan dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Sutrisno,S.Sos., Kepala Kantor  Pertanahan Kabupaten Kulon Progo Suardi,SH,MH, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Wates, Herlin Sulismiyarti,SH,MH, Kepala Kantor Pos Wates Arif Budi Hartanto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo H.Nurudin,SH,MH. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman Galih Anjungsari, Pemimpin Cabang PT.Bank BPD DIY Cabang Wates Didit Respati Setiadi. Dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta.

Terkait Mal Pelayanan Publik ini, Kapolres Kulon Progo menyatakan sangat mendukung kebijakan Bupati dalam membangun MPP, hal ini sejalan dengan bagian komitmen Polres Kulon Progo untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kemarin 11 Desember 2018 Polres Kulon Progo mendapatkan penghargaan dan Kemen PAN RB sebagai unit penyelenggara dengan kategori sangat baik, di Indonesia ada 56 yang mendapatkan “ kata Kapolres.

Ditambahkan, membangun integritas menjadi bagian komitmen di Polres Kulon Progo.  Sangat bermanfaat bagi Polres Kulon Progo, dengan adanya Mal Pelayanan Publik, karena mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, menjadikan pelayanan yang efisien dan efektif kepada masyarakat, sejalan dengan komitmen Polres Kulon Progo membentuk zona integritas.

“Mudah-mudahan Mal Pelayanan Publik ini dapat kita perbaiki bersama-sama, sistemnya, dengan masukan dari instansi vertikal, Bupati, merupakan masukan berharga kepada kami, untuk melaksanakan pelayan prima, sebagaimana Pak Bupati contohkan dalam memimpin Kabupaten Kulon Progo dan meraih berbagai macam penghargaan di lokal maupun nasional” kata Kapolres.

Bupati Kulon Progo menyampaikan terimakasih kepada semua yang mendukung terselenggaranya Mal Pelayanan Publik (MPP). Dengan bergabung di Mal Pelayanan Publik harus lebih efisien.

“Kita menghidupkan energi untuk Mal Pelayanan Publik, akhirnya untuk kepentingan banyak. Juga untuk memenuhi New Public Management dan New Public Service” kata Bupati.

Bupati juga setuju dengan Kapolres untuk mendukung zona integritas, bebas korupsi dan melayani. Dengan MPP akan memudahkan, menjadikan efisien, betul-betul diharapkan, dan nantinya ada New Publik Service akan berjalan baik.

“New Public Management itu mendirigeni untuk efisien, sedangkan New Public Service itu bagaimana kita keadilan dalam memberikan haknya, dan juga mengakomodir kewajiban masyarakat. New Public Management dan New Publik Service harus kita kerjakan bersama-sama.” Tambah dokter Hasto.

Dokter Hasto sangat berterimakasih atas dukungan dan memberikan masukan terkait Mal Pelayanan Publik yang rencananya tanggal 28 Desember akan soft launcing. Dan Maret tahun 2019 direncanakan grand launching.

Untuk Jenis Pelayanan Polres Kulon Progo di MPP yaitu Pelayanan Penerbitan SKCK, Pelayanan Perpanjangan SIM, Surat Keterangan Kehilangan. Jenis Pelayanan Kantor Imigrasi antara lain Pelayanan Konsultasi dan Informasi Keimigrasian, Pelayanan Penerbitan Paspor. Jenis Pelayanan Kantor Pertanahan antara lain Informasi Pelayanan Bidang Pertanahan dan Zona Nilai Tambah (ZNT). Jenis pelayanan KPP Pratama Wates antara lain: Penerbitan NPWP OP, Konsultasi Perpajakan, ID-Biling Pembayaran Pajak Secara Mandiri. Jenis Pelayanan Kementerian Agama Antara lain Pelayanan Konsultasi pernikahan, penentuan arah kiblat, Konsultasi zakat wakaf, dan Haji.

Dari Dinas di Kulon Progo, ada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas PMPT, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial PPPA, Dinas Nakertrans, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, PDAM Tirta Binangun.

“at@humaskp”