Bupati Kulon Progo Terima Penghargaan Program Smart City 2018

  • 15 Desember 2018 20:24:40
  • 940 views

Kabupaten Kulon Progo mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City  Tahap ke-2 Tahun 2018 yang dimulai dengan Bimbingan Teknis sebanyak 4 kali dan pendampingan dalam penyusunan Masterplan Smart City Tahun 2018-2028. Program ini  diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang didukung Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan serta media informasi nasional dan beberapa perusahaan di bidang Teknologi Informasi telah memasuki tahap akhir.

Setelah dokter Hasto Bupati Kulon Progo mempersentasikan masterplan dan quick win Smart City-nya di hadapan tim penguji dari Kementerian dan akademisi, hari ini Jum’at (14/12/2018) digelar acara puncak Closing Ceremony Gerakan Menuju Smart City 2018, bertempat di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Banten.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam sambutannya mengingatkan pentingnya smart city di era disrupsi saat ini.

“Saat bicara mengenai Smart City, saya selalu sampaikan bahwa Smart City itu bukan beli teknologi atau beli komputer yang canggih. Hal penting yang harus dilakukan adalah bagaimana kita bisa memberikan dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat,” kata Rudiantara.

Terkait fungsi pemerintah, Rudiantara berharap Smart City menjadi enabler atau cara pencapaian mewujudkan pemerintahan yang melayani dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara efektif, tidak sekedar menyediakan komputer beserta peralatan TIK lainnya, tapi lebih berfokus pada bagaimana memperbaiki Tata kelola pemerintahan berlandaskan semangat melayani. 

Pemerintah harus mendisrupsi diri agar tidak terdisrupsi dengan cara mau berubah, mereformasi diri dengan meruntuhkan sekat-sekat birokrasi dengan mendorong layanan masyakat yang lebih mudah, murah dan efisien. 

“Peran pemerintah bukan lagi sebagai regulator melainkan sebagai fasilitator dan akselerator yg mendorong kepuasan masy terhadap pelayanan pemerintah, tambah Rudiantara.

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada Bupati/Walikota yang mengikuti Program Smart City Tahun 2018.

Kabupaten Kulon Progo menerima penghargaan atas penyelesaian penyusunan Master Plan Smart City Tahun 2018-2019 beserta program quick win yg menjadi unggulan yang telah dilakukan penilaian tim penguji. 

Ditemui pada acara tersebut, dr Hasto mengungkapkan bersyukur atas penghargaan yang diperoleh karena mendapat dukungan Perangkat Daerah dan masyarakat. Selanjutnya akan mewujudkan Smart City Kulon Progo Tahun 2018-2028 sesuai Masterplan yang sudah selesai disusun. 

“Saya akan melakukan monev perkembangan pelaksanaan Smart City setiap 3 bulan, agar layanan masyarakat menjadi lebih mudah dan mengembangkan potensi daerah ditengah pembangunan Kulon Progo yang cepat seiring pembangunan Bandara NYIA dan KSPN Borobudur untuk kesejahteraan masyarakat”, tambahnnya.

Sesuai dengan perencanaan yg tertuang pada Masterplan Smart City, selain Quick Win unggulan juga terdapat quick win lokal yang menjadi tanggung jawab Perangkat Daerah, serta pada tahun 2019 akan memperkuat infrastuktur dengan melanjutkan pembangunan jaringan Fiber Optic, Command Center dan Co working Space. * Tar*