Pelantikan Dirut dan Direktur Bisnis PD.BPR Bank Pasar

  • 27 November 2018 13:31:59
  • 2418 views

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Direktur Utama dan Direktur Bisnis PD.Bank Pasar Kulon Progo, secara resmi dilakukan oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Bupati Kulon Progo melantik Joko Purnomo,SH,SPd.MM sebagai Direktur Utama, dan melantik Ir.Rita Purwanti Erni Widiyati,MM sebagai Direktur Bisnis Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Pasar (PD. BPR Bank Pasar) Kulon Progo untuk masa jabatan Tahun 2018-2022.

Pelantikan ini dilakukan di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, Senin (26/11/2018) didampingi Rohaniawan dan 2 (dua) orang saksi, dan dihadiri oleh para pimpinan BUMD Kabupaten Kulon Progo, dan Kepala OPD terkait.

Sebelum dilantik, keduanya menandatangani Surat Pernyataan Kesanggupan/ Pakta Integritas dan menyatakan sanggup untuk menaati segala ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan akan menerapkan dan melaksanakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance secara konsisten dalam pelaksanaan tugas.tidak akan memanfaatkan perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk kepentingan pribadi, keluarga dan golongan tertentu.

Pelantikan dan pengangkatan Dirut dan Direktur Bisnis PD.BPR Bank Pasar ini dilakukan setelah sebelumnya keduanya telah menjalani serangkaian proses seleksi rekrutmen, berdasarkan surat Otoritas Jasa Keuangan, permohonan penilaian kemampuan dan kepatutan dinyatakan bahwa Joko Purnomo,SH,SPd.MM dan Ir.Rita Purwanti Erni Widiyati,MM  sesuai Surat Edaran OJK termasuk kategori perpanjangan masa jabatan sehingga tidak perlu dilakukan penilaian kemampuan. Juga Rapat Umum Pemegang Saham yang memutuskan menyetujui perpanjangan keduanya.

Seusai pelantikan, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan Selamat kepada keduanya dan berpesan beberapa hal untuk kemajuan kedepan.Pengangkatan ini dilakukan professional dan untuk kemajuan perbankan.

Usaha perbankan selain memiliki peran bisnis juga peran sosial. Bank milik daerah sebagai revenue center sebagai harapan. DPRD juga memiliki harapan agar PAD meningkat. Fungsi reveneue center tidak bisa diabaikan.

“Fungsi revenue center tidak bisa diabaikan. Meskipun ini pemain lama, harus ada nilai kebaruan. Kita tunggu nilai kebaruan di Kabupaten Kulon Progo disamping fungsi sosial.” Kata Bupati Kulon Progo.

Bupati juga menyampaikan beberapa tantangan yang harus dihadapi PD Bank Pasar agar semakin maju, menyinggung akan dibangun gedung baru di Pengasih dan TP4D diminta untuk mendampingi.

“Kita dorong asset yang bisa liquid. Bank Pasar bisa berlari lebih cepat lagi.” Tambah dokter Hasto.

Terkait kredit juga harus sehat, tetapi juga harus produktif, harus sehat lahir dan batin. Diharapkan juga mengembangkan Human Entrepreneurship. Menghadapi Era Industri 4.0 masalah e-banking dan Mobile banking juga tidak bisa diabaikan.

Joko Purnomo menyampaikan, atas dukungan Bapak Bupati ini akan melanjutkan program-program. Ada beberapa hal strategis sesuai harapan Bupati, Desember ini akan diselesaikan proses DED Pembangunan gedung, agar pada Tahun 2019 bisa melakukan pembangunan fisik.

“Dan seiring pembangunan bandara nanti kami juga akan menyiapkan kredit-kredit lunak kepada UMKM, sehingga kredit yang diberikan kepada masyarakat dapat memberikan efek ekonomi, serta membangkitkan perekonomian masyarakat Kulon Progo. sesuai target, kami rata-rata pertumbuhan kami rencanakan sekitar 10%, baik pertumbuhan asset, pertumbuhan kredit, bergerak pertumbuhan laba. Diharapkan pertumbuhan 4 (empat) tahun kedepan, pertumbuhan Bank Pasar Kulon Progo paling tidak sama atau lebih sedikit dibanding rata-rata pertumbuhan industri.” Kata Joko Purnomo

(at@humaskp).