RSUD Wates Dapat Penghargaan Masuk Kategori Sangat Baik

  • Dibaca 1183 kali
  • 27 November 2018 13:29:09

Usaha meningkatan pelayanan di RSUD Wates mendapat penghargaan dari Menteri PANRB RI sebagai Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2018. Penghargaan diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Syafrudin kepada Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo.

Penghargaan diberikan pada acara penyampaian hasil evaluasi dan apresiasi Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2018 yang dilaksanakan di Balai Kartini Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kulon Progo  bersyukur, Kulon Progo khususnya RSUD Wates mendapatkan penghargaan sebagai Unit Pelayanan Publik kategori Sangat Baik Tahun 2018.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Daerah khususnya RSUD Wates dalam memberikan layanan publik dengan pemberian penghargaan ini setelah kerja keras oleh RSUD untuk meningkatkan layanan pada masyarakat. Penghargaan ini tentunya tidak membuat aparat RSUD Wates merasa bangga kemudian tidak memiliki komitmen lagi kedepan. Tapi dengan penghargaan ini dapat memberi tambahan semangat dan spirit aparat di RSUD Wates untuk meningkatkan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Masyarakat juga untuk partisipasi, ketika harus mendapat layanan dengan mengikuti aturan prosedur yang ditetapkan dan berlaku di RSUD Wates. Kami percaya layanan di RSUD dibuat simpel, sederhana, cepat, sehingga pelayanan bisa dilaksanakan dengan lancar” kata Wakil Bupati Kulon Progo

Wabup juga menambahkan, sesuai pernyataan Menteri PANRB Syafruddin, bahwa tujuan evaluasi ini untuk memberi asistensi sehingga bisa memperbaiki dan mendorong terwujudnya clean governance dan good government sehinga bisa bermanfaat langsung pada masyarakat. Evaluasi ini juga agar pelayanan kepada masyarakat terus meningkat. Evaluasi pelayanan publik dulu orientasi pada pengelolaan layanan, birokrasi, utamakan pemerintah sekarang berubah lebih pada kepuasan layanan pengguna.

Selain RSUD Wates, Piagam penghargaan juga diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kulon Progo dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kulon Progo  sebagai Unit Penyelenggara Layanan Publik dengan Kategori Baik Tahun 2018.

Kepala Bagian Organisasi SetdaSarji,SIP,MM menyampaikan berbagai kriteria yang dinilai antara lain seperti alur proses pelayanan, sikap petugas terhadap pelanggan, kepastian SOP (Standart Operasional Prosedur), dukungan sarana prasarana, waktu. RSUD Wates performanya memang beda, semakin menambah motivasi memberikan pelayanan yang terbaik.

“Dari Bagian Organisasi memfasilitasi bagaimana pembuatan SOP, pelayanan informasi publik, layanan aduan. Intinya bagaimana sikap layanan dari SDM meningkatkan kepedulian terhadap pelanggan.” Kata Sarji yang ikut mendampingi Wakil Bupati.

Wadir Umum dan Keuangan RSUD Wates drg.Wahyuni Indriastuti,M.Kes. yang juga ikut mendampingi Wakil Bupati menyampaikan beberapa kegiatan dilakukan RSUD Wates, seperti sudah memberikan pelayanan untuk difabel,

“Kita sudah memberikan pelayanan untuk difabel. Kita siapkan tempat parkir khusus difabel, toilet khusus difabel, aduan dan komplain semua kita tangani. Untuk pendaftaran sudah bisa dengan pendaftaran online. Bagi masyarakat yang belum bisa akses online kita siapkan anjungan dan kita siapkan petugas Satpam untuk membantu. Kita utamakan keselamatan dan kenyamanan. Di website juga tersedia informasi, sehingga pasien tahu kondisi rawat inap secara online. Kedepan tetap akan kita tingkatkan layanan kepada publik dengan beberapa inovasi yang dapat memberikan kepuasan masyarakat khususnya masyakat Kulon Progo dan sekitarnya.” Kata drg.Wahyuni Indriastuti,MKes.

(at@humaskp)