KULON PROGO AKAN GELAR GEBYAR UKM 2018

  • 29 Oktober 2018 12:15:03
  • 1758 views

Gebyar UKM 2018 Kabupaten Kulon Progo akan digelar  Selasa, 6 Nopember 2018  di Gedung Adhikarta dan halaman Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan rangkaian Gebyar UKM 2018 yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah RI bekerjasama dengan Kementerian Desa, MarkPlus.Inc dan ICSB di 34 kota Indonesia untuk mendukung gerakan UKM naik kelas yang berdaya saing tinggi. Kegiatan ini mengusung topik “UKM Jaman NOW dari Desa untuk Indonesia” diharapkan UKM Indonesia tampil percaya diri menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di tingkat nasional maupun global.

Pada kegiatan tersebut akan digelar berbagai program tepat guna, salah satunya strategi Peta Jalan UKM 4.0: Profesional, Produktif, Kreatif, Entrepreneur! serta tips “Sepuluh Jalan Pintas UKM menuju sukses!” dibawakan oleh para ahli di bidang kewirausahaan. Hal tersebut akan diselengarakan pada seminar sehari mengenai UKM. Selain itu juga akan digelar pameran produk UKM yang akan digelar di halaman Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Pada gelaran pameran UKM tersebut akan dilakukan kurasi/penilaian oleh Dewan Kurator, yang terdiri dari: Staf dari Galeri Indonesia WOW!, Staf Khusus Menteri KUKM, Bapak Samuel Wattimena, Dr. Jacky Mussry – Executive Vice, President ICSB Indonesia, Kurator Kota – Kepala Dinas Provinsi atau Dekranasda Provinsi, dan Kurator Kota – Media Lokal. Kurasi ini untuk menentukan UKM mana yang berhak mendapatkan penilaian tertinggi untuk mendapatkan penghargaan UKM WOW!. Gebyar UKM 2018 Kabupaten Kulon Progo akan diikuti sebanyak 20 UKM.

 

Adapun Kriteria UKM WOW! yang disyaratkan oleh panitia, antara lain:

1.      Aspek Profesionalitas, yang terdiri dari indikator, (Kesesuaian Kompetensi individu yang dimiliki dan jenis pekerjaan yang dilakukan)

2.      Aspek Produktifitas, yang terdiri dari indikator, (Efektifitas dan efesiensi)

3.      Aspek Kreatifitas, yang terdiri dari indikator, (Ide baru dan Penerapan Ide)

4.    Aspek Entrepreneurial, yang terdiri dari indikator (Pandai melihat Peluang , Berani mengambil Resiko, Dapat bekerjasama dengan Banyak Pihak)

 

Manfaat Mengikuti UKM WOW!

1.   Bagi UKM yang lolos Kurasi tahap awal berkesempatan  untuk berpromosi saat acara Gebyar UKM Indonesia di kota anda dan berpeluang mendapatkan predikat “The Best Sales of The Day” dan “The Most Attractive Booth of The Day”

2.      Mendapatkan Sertifikat Penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI dan ICSB Indonesia

3.      Tempat promosi di Galeri Indonesia WOW!

4.      Kesempatan berkembang lebih besar dengan para Investor & Private Equity.

 

Syarat dan Ketentuan

1.      Bersedia menjadi mitra dari Galeri Indonesia WOW! Smesco.

2.      Bersedia mengirimkan produk Ke Galeri Indonesia WOW! dengan biaya sendiri

3.      Bersedia untuk melakukan penjualan konsinyasi sebesar 25% dari harga barang. Produk yang dikirim ke Galeri Indonesia WOW! Smesco RumahKU,Jakarta.

4.    Bersedia patuh pada keputusan dewan Kurator Kota tidak bisa di ganggu gugat. Hal-hal lainnya yang berkaitan dengan hak-hak pemenang diserahkan sepenuhnya kepada Panitia Penyelenggara

5.    Bagi usaha yang bergerak di bidang Jasa (Bukan Produk fisik), tidak diwajibkan untuk mengirimkan ke Galeri Indonesia WOW!

 

Kriteria Peserta

1.     Owner/founder bisnis yang memiliki produk (Barang atau Jasa) yang sudah matang dan ingin di kurasi untuk bisa menjadi produk yang Global Standard.

2.       Sudah mempunyai Brand.

3.       Bukan Reseller.

4.       Produk harus otentik dan original, bukan barang KW atau imitasi.

5.       Usaha sudah beroperasi minimal 1 tahun.

6.     Harus bertanggung jawab langsung dan penuh atas kinerja usaha bisnisnya selama ini dari dari ide, produksi hingga marketingnya.

 

Yang Perlu Dipersiapkan

1.       Wajib melakukan registrasi online melalui www.gebyarukm.com

2.      Bagi yang lulus seleksi awal (Online Selection) akan di panggil datang di hari H, penyelenggaraan di kota tersebut

3.      Setiap UKM diberi waktu maksimal 10 menit untuk impress tim kurator. Waktu selama itu dipergunakan untuk beberapa hal: pertama, one minute Elevator Pitch, dan kedua, tanya jawab tim Dewan Kurator dengan UKM.

4.    Harap dicatat: tidak ada slide presentasi yang dipergunakan pada saat Kurasi. Namun Anda Wajib membawa sample produk atau bahan promosi yang related ke usaha yang Anda jalankan.

5.     Para UKM harus sebisa mungkin memberikan impresi yang baik kepada para Dewan Kurator bahwa Anda memang layak masuk UKM WOW!

 

“Untuk itu kepada pelaku UKM yang akan mengikuti Gebyar UKM 2018 agar segera mempersiapkan diri dengan berbagai produk unggulannya, yang diharapkan ketika dilakukan kurasi mampu mendapatkan nilai yang tertinggi, sehingga mampu meraih penghargaan UKM WOW! yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara”, kata Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo Dra. Sri Harmintarti, MM, Senin 29 Oktober 2018.

Diharapkan melalui Gebyar UKM 2018 ini produk UKM Kulon Progo bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas bahkan para buyer untuk ikut memasarkan produk UKM baik di pasar nasional maupun internasional.

“Kami berharap pada gelaran Gebyar UKM 2018 ini bisa dikunjungi dan disaksikan oleh lapisan masyarakat, karyawan/karyawati di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten, karyawan/karyawati Kecamatan se-Kabupaten Kulon Progo maupun para buyer yang nantinya bisa ikut memasarkan produk UKM di pasar dunia”, tambah Dra. Sri Harmintarti, MM. Diharapkan Gebyar UKM 2018 ini bisa terselenggara dengan baik dan sukses. “Melalui Gebyar UKM 2018 ini kami berharap bisa dijadikan media promosi, informasi, transaksi, maupun edukasi bagi semua pihak. Untuk itu kami berharap kerjasama dari semua pihak agar pelaksanaan Gebyar UKM 2018 di Kabupaten Kulon Progo ini bisa terselenggara dengan baik dan sukses”, pungkas Dra. Sri Harmintarti, MM.