Penghargaan Kinerja dan Tata Kelola Pemerintah Daerah

  • 27 Oktober 2018 13:56:42
  • 1398 views

Kulon Progo mendapat Penghargaan Khusus Anugerah Pandu Negeri 2018 untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola SANGAT BAIK dari lembaga independen IIPG (Indonesian Institute for Public Gonernance), pada acara Anugerah Pandu Negeri 2018.

Penghargaan diberikan oleh Ketua Dewan Penasehat IIPG Prof.Dr.H.Boediono,M.Ec dan piagam diberikan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr.Soni Sumarsono,M.DM, bertempat di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Sabtu (26/10/2018) dan diterima oleh Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo.

Anugerah Pandu Negeri merupakan ajang pemberian penghargaan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin yang inovatif yang telah berhasil melakukan reformasi tatakelola yang baik, dan diberikan dalam upaya pengembangan tata kelola yang amanah pada sektor publik.

Ada 14 (empat belas) pemerintah daerah yang mendapatkan Penghargaan Khusus Anugerah Pandu Negeri 2018 untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola SANGAT BAIK. Untuk Provinsi yaitu DIY, Jawa Tengah, Bali dan Jawa Barat. Untuk Kabupaten yaitu Banyuwangi, Bojonegoro, Sleman, Kulon Progo, Bantul. Untuk Kota yaitu Depok, Sukabumi, Denpasar, Padang, Surakarta.

Selain 14 penghargaan tersebut, IIPG juga memberikan 3 (tiga) penghargaan untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Terbaik, 6 (enam) penghargaan untuk pemimpin inovatif, 45 (empat puluh lima) penghargaan untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik, dan 2(dua) penghargaan khusus untuk Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola TERBAIK di Indonesia Bagian Timur.

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan bersyukur penghargaan ini diberikan oleh lembaga independen dan penilainya independen. 

“Terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja dengan baik, dengan maksimal, mendapat penilaian lembaga yang sangat kompeten dalam hal ini. Tentu kami berharap penghargaan bisa dipertahankan dengan tetap memiliki kinerja dan tata kelola pemerintahan daerah yang sangat baik, dan bisa dipertahankan, dan membawa konsekuensi bagi kita semua segenap komponen dari Kulon Progo untuk mempertahankan. Dengan sebaik-baiknya.” Kata Drs.H.Sutedjo.

Drs.H.Sutedjo menceritakan, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr.Soni Sumarsono,M.DM menyambut baik acara pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah yang berprestasi ini. Dan ini dinilai sangat bagus karena membuktikan bahwa kepala daerah masih banyak yang baik dan bagus, tidak seperti yang diberitakan yang terkesan semua kepala daerah jelek.

Kepala daerah yang memiliki prestasi luar biasa, dihargai. Selain memberikan motivasi untuk terus berprestasi, juga untuk membangun opini tidak semuanya kepala daerah itu seperti yang dilihat melalui OTT (Operasi Tangkap Tangan), sehingga seolah-olah semua jelek.   Lebih banyak kepala daerah yang berprestasi.

Atas nama Kemendagri, Soni Sumarsono juga berterimakasih kepada IIPG, dan ini dinilai luar biasa, dan penghargaan yang besar juga atas dorongannya terhadap upaya pembentukan tata kelola pemerintahan yang bersih.

Drs.H.Sutedjo menyampaikan, sebelum pemberian penghargaan IIPG melakukan penilaian meliputi beberapa tahap. Tahap 1, terhadap seluruh pemerintah daerah di Indonesia berdasarkan kriteria anti korupsi, tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja ekonomi.  135 (Seratus tiga puluh lima) pemerintah daerah (16 Provinsi, 80 Kabupaten, 39 Kota) yang memperoleh nilai tertinggi akan masuk nominasi dan diundang untuk mengikuti proses tahap 2. Bobot nilai semua aspek di Tahap 1 adalah 65 %.

Tahap 2. Pemerintahan daerah yang masuk nominasi mempersiapkan materi untuk penilaian aspek strategic innovation memiliki bobot terbesar (35%) dalam penilaian. Strategiz innovation adalah inovasi yang bisa menghasilkan transformasi tata kelola maupun pertumbuhan di bidang sosio-ekonomi dan pembangunan daerah jangka panjang. Materi strategic innovation adalah deskirpsi mengenai: Visi misi pemerintahan daerah. Tiga program inovasi unggulan/ terbaik pemerintah daerah untuk mencapai visi dan misi. Peluncuran program pada periode Januari 2015 – Desember 2017. Pencapaian/ realisasi ketiga program unggulan tersebut hingga akhir 2017.

(at@humaskp)