Inovasi, Warga Binaan dilibatkan Gotong Royong Bedah Rumah

  • 20 Oktober 2018 21:31:38
  • 686 views

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama RUTAN Klas IIB Wates melakukan inovasi yang melibatkan Warga Binaan. Inovasi yang dilakukan adalah selain melatih warga binaan untuk bekerja, melatih mempersiapkan diri kembali kemasyarakat, juga melatih bersosialisasi.

Langkahnya, warga binaan yang ada didalam Rutan diberikan kayu, kemudian dilatih membuat kusen, untuk memberikan semangat diberikan imbalan meskipun sedikit, dan Kusen hasil karya warga binaan ini diperbantukan untuk bedah rumah warga yang kurang mampu. Warga binaan juga dilibatkan memasang batako saat bedah rumah, sehingga selain melatih warga binaan juga bermanfaat bagi warga kurang mampu.

Saat bedah rumah milik Bambang Sugiyanto Rt.04 RW 01 Punukan Wates yang dilaksanakan Sabtu (20/10/2018), Pemkab Kulon Progo bersama Rutan IIB Wates melibatkan 4 (empat) warga binaan dalam gotong royong Bedah rumah.

Bupati bergembira dengan kegiatan ini, karena selain melatih warga binaan juga bermanfaat bagi warga yang membutuhkan rumah layak huni.

“Ini bagian inovasi, mencoba memberdayakan warga binaan yang ada di dalam rutan untuk bisa persiapan saat kembali kemasyarakat nantinya punya keterampilan. Tapi dalam rangka pembinaan warga binaan ini juga bermanfaat bagi warga yang diluar Rutan seperti ini, kemudian ada multi player effectnya. Jadi posisif sekali, dari Zakat infaq sodaqoh dibelikan kayu, kayu diberikan kepada warga binaan, warga binaan membuaat kusen, kusen diberikan kepada warga yang memerlukan. Ini yang kedua kali. Dan ini akan diteruskan karena ini positif, karena didalam rutan bisa bekerja kemudian meskipun tidak banyak diberikan imbalan untuk memberikan spirit/ semangat. Ada beberapa konsep yang positif, yang pertama melatih ketrampilan, dan menyiapkan untuk kembali ke masyarakat. Dan melatih bersosialisasi.” Kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

(at@humaskp)