BPBD Gerak Cepat Padamkan Kebakaran Rumah

  • 19 Oktober 2018 13:24:16
  • 695 views

Warga beserta BPBD bergerak cepat bergotong royong padamkan kebakaran yang terjadi disebuah rumah yang biasa ditempati oleh Mbah Maryoto (85 th) warga Derpoyudan Pedukuhan VIII Tirorahayu Galur Kulon Progo, yang terjadi pada hari Jumat (19/10/2018), sehingga kebakaran dapat diminimalisir dan tidak merembet lebih luas. Warga dengan cepat juga berusaha memindahkan beberapa mobil di bengkel dekat lokasi kebakaran.

Seorang saksi mata, Akhmad Tribiyanto warga Derpoyudan menceritakan sekitar pukul 07.00 WIB ketika melewati dekat rumah sudah melihat kepulan asap, kemudian langsung mengundang warga sekitar dan menghubungi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Kulon Progo, dan dalam beberapa menit kemudian 2 (dua) mobil pemadam kebakaran dan 1 (satu) mobil tanki air datang.

“Pukul 07.00 WIB dari jalan terlihat asap menembus genteng. Kemudian berusaha memanggil warga sekitar dan menelepon Kepala BPBD. Dalam waktu yang cepat mobil segera datang, sehingga sangat membantu warga dalam mengatasi kebakaran” kata akhmad tribiyanto.

Api cepat membesar, disinyalir karena bagian atap yang mudah terbakar, dan dibawahnya terdiri tumpukan kayu, dan ada Kasur. dan penyebab kebakaraan dugaan sementara akibat korsleting jaringan listrik.

Warga yang sedang berusaha melokalisir api agar tidak menjalar ke bagian lain di rumah tersebut, segera dibantu mobil pemadam kebakaran sehingga api segera dapat dipadamkan. Selain warga dan petugas pemadam kebakaran, pemadaman api cepat karena juga dibantu oleh TNI dari Koramil Galur, kepolisian Polsek Galur. Sehingga bagian rumah lain masih terselamatkan.

Kerugian akibat kebakaran sejumlah uang jutaan rupiah, tumpukan kayu jati, serta beberapa benda pusaka seperti keris.  Dalam kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa karena hanya ditempati jika malam, dan jika siang hari menempati rumah yang ada disebelahnya. Sementara untuk penyebab kekaran masih dalam penyelidikan kepolisian.

Seusai pemadaman, Kepolisian bersama Kepala Dukuh Derpoyudan Eko Purnomo membantu pemilik rumah untuk mencari dan mengamankan barang berharga yang masih tersisa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo Drs.Ariadi,MM yang langsung hadir memimpin pemadaman menyampaikan begitu mendapat laporan warga langsung gerak cepat melakukan pemadaman dan melokalisir api agar tidak merembet ke bagian lain.

“Begitu dapat laporan warga langsung perintahkan mobil pemadam kebakaran” kata Drs.Ariadi,MM.

Ariadi menyampaikan sejak Januari 2018 hingga kejadian ini sudah menangani puluhan kebakaran. Kebakaran Bangunan 33 (tiga puluh tiga) Unit, Kebakaran Lahan 25 (dua puluh lima) unit, Kendaraan 2 (dua) unit, Total 60 (enam puluh) kejadian.

Untuk meminimalisir kebakaran, Kepala BPBD Ariadi menghimbau kepada semua warga agar memastikan jaringan listrik rumah aman, tabung gas tidak bocor, mematikan api dapur selesai masak, jangan membakar sampah semarangan, jangan membuang puntung rokok sembarangan.

(at@humaskp)