Merawat "Rumah Bersama" Bernama Kulon Progo

  • 17 Oktober 2018 09:35:07
  • 653 views

Adalah sebuah realitas bahwa negeri kita ini  begitu beragam baik suku, ras, agama, bahasa  budaya maupun adat istiadatnya. Dalam atmosfir kebersamaan heterogenitas ini menjadi warna-warni yang indah sekali. Saling menerima antara yang satu terhadap yang lain dengan menekan egoisme ingin menang sendiri. Menyadari dengan sepenuh hati  bahwa keberagaman itu adalah given dari Sang Asal Usul Kehidupan.... ya.... Tuhan Yang Maha Segalanya merupakan "Tiang Pancang" membangun "Rumah Bersama" yang bernama Kabupaten Kulon Progo. Egoisme ingin menang sendiri dengan menafikan keberagaman sejatinya  melawan kesejatian.

Keindahan heterogenitas ini harus dijaga dan dirawat secara terus menerus.

Hari Senin, tanggal 15 Oktober 2018 adalah Hari Ulang Tahun yang ke-67 Kabupaten Kulon Progo. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo atas sebuah kesadaran  bahwa negeri ini majemuk, maka pada ulang tahun kali ini  mengambil tema permenungan sebagai panduan refleksi "Dengan Semangat Kebersamaan Dalam Keberagaman Kita Songsong Kejayaan Kulon Progo". Semangat dari tema ini adalah bagaimana secara terus menerus menjaga dan merawat "Rumah Bersama" yang bernama Kulon Progo selalu dalam harmoni.

Masih ada sederet "Pekerjaan Rumah" seperti infrastruktur, pengembangan SDM, kesenjangan, pengembangan  usaha dan lain-lain yang harus  diselesaikan untuk menggapai impian Bumi Menoreh yang (jaya) subur makmur loh jinawi. Kejayaan itu bukan sekedar kesejahteraan (wellfare) tetapi kebahagiaan (happiness). Upaya pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik hingga hal-hal yang bersifat spiritual terus dilakukan. Hal ini untuk mempersiapkan  masa transisi yang sedang berlangsung, agar kelak  masyarakat bisa "mendarat" dengan mulus diera baru Kulon Progo. Karena Kulon Progo saat ini akan berbeda dengan Kulon Progo dua tiga tahun kedepan. Upaya ini menjadi penting agar masyarakat Kulon Progo tidak mengalami gegar budaya dan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Memang tidak mudah. Tapi dengan berkarya secara terus menerus dan selalu menjaga semangat subsidiaritas antara satu dengan yang lain serta  tetap ada pada sebuah  kesadaran untuk merawat "Rumah Bersama" yang bernama Kulon Progo ini, niscaya mimpi kejayaan itu bukan hal yang ngaya wara. 

Selamat Ulang Tahun yang ke-67 Kabupaten Kulon Progo.....dirgahayu....kemandirian sudah didepan  mata. Tetap selalu  realistis, apa adanya dan  rendah hati ayunkanlah  langkah dengan Pasti, untuk menggapai mimpi menjadi semakin berdikari. Sekali lagi....Dirgahayu Kabupaten Kulon Progo.

( Dari berbagai sumber @ Lereng Menoreh, Cepet Subowo)