Kulon Progo Implementasikan Pancasila Era Kekinian

  • 03 Oktober 2018 10:59:11
  • 646 views

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, Bupati mengajak semua pihak mengambil maknanya dan mengimplementasikan Pancasila era kekinian dalam kehidupan sehari-hari antara lain dengan gotong royong.

“Pancasila teruji sakti, terbukti, kemudian harapannya kita bisa mengambil maknanya. Pertama seperti gotong royong, karena gotong royong mengatasi berbagai masalah. Implementasi Pancasila era kekinian bahwa gotong royong itu mengatasi masalah. Kemudian pengembangan ideologi yang sifatnya golongan, kemudian ada istilah radikalis kebablasan, individualis yang kebablasan, fundamentalis yang kebablasan, kemudian bisa dikembalikan kepada Pancasila.  Hari ini kita ingatkan yang seperti itu tidak terjadi.” Kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) seusai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Pemkab Kulon Progo, Senin (1/10/2018).

Bupati juga mengajak bagaimana memaknai para pahlawan revolusi. Dimana ada 3 (tiga) hal ciri yang harus dicontoh, yaitu satu visioner, sehingga mempunyai inovasi yang melebihi batas, sampai dalam bentuk revolusi dan visinya melampaui negara lain. Yang kedua hidupnya sederhana dan ketiga bahwa pahlawan itu ikhlas.

“Sering disingkat ISI. Inovasi, Sederhana, yang terakhir ikhlas” tambah Bupati.

Di Kulon Progo untuk memperkokoh Pancasila dengan sebanyak-banyak melakukan implementasi baik melalui regulasi yang formil maupun yang informil. Yang formil melalui Perda Pendidikan karakter.

“Yang formil melalui Perda Pendidikan karakter. Ada ekstra kurikulum wajib, Itu contoh pengamalan Pancasila. Yang tidak dalam regulasi kita praktik sehari-hari, kita gotong royong setiap hari minggu pasti menyelesaikan bedah rumah. Kita kemarin bedah 4 (empat) rumah, menyelesaikan dengan gotong royong, bahkan kemarin dikerjakan full masyarakat, baznas hanya bantu sebagian. Ada 1 (satu) yang dikoordinir oleh mantan anak jalanan, mantan narapidana membantu selesaikan rumah “ kata Bupati.

(at@humaskp)