Delegasi Asean Terkesan dengan Kepemimpinan Dokter Hasto

  • 20 September 2018 21:09:15
  • 629 views

Para delegasi dari 10 negara peserta Workshop of Asean Resource Center On Formulating Concept of Asean Pool Of Expert On Civil Service Matter menyatakan terkesan dengan kepemimpinan Bupati Kulon Progo dalam memimpin, memanage Aparatur Sipin Negara (ASN) dan masyarakat Kulon Progo.

Apresiasi disampaikan para delegasi setelah mendengar paparan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan para Kepala OPD terkait inovasi di Kulon Progo, yang bisa menggerakkan ASN dan masyarakat secara bersama-sama membangun Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo menyampaikan tentang kemandirian ekonomi di Kulon Progo dengan Bela Beli Kulon Progo, dan menyampaikan berbagai inovasi di Kulon Progo seperti Batik Geblek Renteng, Tomira, Beras Daerah, Produk Air-Ku, Industri Gula Semut, Bedah Rumah, Pariwisata, Pelayanan kesehatan dan beberapa inovasi lain. Para Kepala OPD juga menyampaikan secara teknis beberapa inovasi dan praktik di lapangan.

Para delegasi juga ada yang terkesan dengan kesederhanaan, menanyakan bagaimana cara agar dapat menyatukan hati dan pikiran, menanyakan bagaimana agar dapat menelurkan berbagai inovasi tersebut. Beberapa delegasi juga berharap Bupati Kulon Progo dapat berkunjung ke negaranya agar dikenal dinegaranya.

Ms. Dayangku Poniri Pangiran Mohiddin delegasi dari Brunei Darussalam menyampaikan sangat berguna baginya, dan orang lain. Dan menyatakan sangat terkesan dengan apa yang disampaikan Bupati dan Kepala OPD di Kulon Progo. Dirinya juga berharap, semoga suatu saat Bupati Kulon Progo bisa berkunjung ke Brunei Darussalam.

“Kami sangat terkesan, Bagaimana Bupati Kulon Progo hubungan dengan Karyawan, masyarakatnya. Kami terkesan, Bupati pemimpin yang baik, dihormati orang lain, orang yang sederhana. Kami terkesan mendengar dari bawahannya Bupati seorang pemimpin tapi memakai mobil yang usianya sudah lama. Kami mengundang Bupati ke negara kami, biar dikenal di negara kami” kata Mrs. Lim Kem Dien delegasi setelah acara Workshop of Asean Resource Center On Formulating Concept of Asean Pool Of Expert On Civil Service Matter di Gedung Kaca, Kamis (20/9/2018).

Para peserta juga antusias dengan berbagai produk lokal yang ditampilkan baik kerajinan maupun makanan lokal. Peserta juga antusias mengikuti workshop dari awal sampai akhir dan antusias bertanya kepada Bupati Kulon Progo terkait inovasi yang dilakukan dokter Hasto.

“Semua peserta antusias mengikuti dari awal sampai akhir. Harapan dengan acara ini, semakin lama semakin meningkatkan kerjasama antar Negara anggota ASEAN khususnya di bidang kepegawaian. Ke Kulon Progo pilihan tepat bagi kami, setelah presentasi Bupati, apresiasi dari para delegasi itu sangat tinggi, terbukti dari apa yang disampaikan Bupati berkaitan prestasi yang selama ini ditorehkan oleh Kabupaten Kulon Progo. Dan saya bangga Kulon Progo sekarang semoga menjadi kabupaten yang dikenal di 10 (sepuluh)negara anggota ASEAN” kata Drs.Haryomo  Dwi Putranto,M.Hum

Deputi  Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara.

Terkait mengapa ke Kulon Progo, Haryono menyampaikkan selain arahan dari propinsi karena Kulon Progo dianggap berprestasi, Kepala BKN kami mempunyai pandangan yang sama jadi mempersilahkan best practice di Kulon Progo, karena memang Bupati Kulon Progo salah satu Bupati yang memang sudah dikenal di Indonesia, prestasinya, dedikasinya, dan ini menjadi kebanggaan semua untuk disampaikan ke semua Negara di ASEAN.

(at@humaskp)