UPT Stasiun Meteorologi Kulon Progo Akan Didirikan

  • 27 Agustus 2018 13:34:09
  • 818 views

Dengan akan adanya bandara baru di Kulon Progo, berbagai sarana pendukung terus diproses pembangunannya. Salah satunya UPT Stasiun Meteorologi yang ada di Kulon Progo. Lahan lokasi untuk pembangunan UPT ini sudah disiapkan di komplek Bandara, dan rekomendasi pemerintah daerah untuk proses data pendukung pembangunan UPT saat ini sedang dilakukan koordinasi antara BMKG dan Pemkab Kulon Progo.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta Dr.I Nyoman Sukanta,SSi,MT beserta beberapa pendamping, langsung bertemu dengan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) untuk membahas permohonan rekomendasi ini.

Permohonan rekomendasi Pembentukan Stasiun Meteorologi Kulon Progo sebagai tindaklanjut surat dari Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan perihal Permohonan rekomendasi Pemerintah dan pemerintah daerah setempat bahwa akan adanya pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) baru untuk Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG yaitu Stasiun Meteorologi Kulon Progo di Kulon Progo.

Untuk memberikkan surat rekomendasi agar pembentukan stasiun Meteorologi Kulon Progo dapat segera ditindaklanjuti.

"Untuk proses usulan UPT baru diperlukan surat rekomendasi Pemerintah Daerah" Kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta Dr.I Nyoman Sukanta,SSi,MT di Ruang Kerja Bupati Kulon Progo, Senin (27/8/2018)/

I Nyoman menyampaikan, dengan akan ada bandara baru, PT.AP sudah menyiapkan lahan. BMKG diminta koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, meminta rekomendasi Pemda untuk pembangunan UPT. Dengan persetujuan pemerintah kabupaten, kemudian BMKG Pusat akan tindak lanjuti dengan PT.AP kemudian BMKG akan koordinasi dengan Pemkab Kulon Progo lagi.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyambut baik dengan pertemuan ini, dan menyampaikan memang harus dengan cepat, karena waktu yang tidak banyak.

"Termasuk Imigrasi, karantina, BMKG, ikutan dari adanya pembangunan bandara. Terimakasih sudah mendukung kompleksitas bandara, sehingga dapat melengkapi. Surat akan kita percepat." Kata Bupati Kulon Progo.

Bupati menjelaskan, akan segera memberikan ijin rekomendasi untuk mendirikan UPT sesuai dengan peruntukan, sesuai dengan ketentuan yang ada, dan mendapat persetujuan dari yang berwenang PT.AP.

I Nyoman juga menjelaskan bahwa sebelumnya BMKG juga dilibatkan saat proses akan ada pembangunan bandara di Kulon Progo, dan di Kulon Progo tidak ada sesar aktif. Untuk lempeng di laut, jaraknya sekitar 250 km. Untuk antisipasi tsunami, apron akan dibuat tinggi, dan konstruksi yang kuat.
(at@humaskp)