99 Regu Ikuti Lomba Pawai

  • 25 Agustus 2018 23:31:26
  • 628 views

Lomba Pawai Dalam Rangka HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Kabupaten Kulon Progo Tahun 2018 diikuti 99 (sembilan puluh sembilan) peserta yang terbagi dalam 4 (empat) kelompok SD/MI, SMP/MTs, SLTA, dan Instansi/Umum. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini kedisiplinan ketepatan waktu menjadi menjadi penilaian yang utama dan memiliki poin sebesar 40 persen, disamping penilaian lain, seperti kekompakan, keserasian dan lain-lain.


Pada pawai yang dilaksanakan Sabtu (25/8/2018) ini, Rute yang dilalui peserta untuk SD/MI dimulai dari Alun-alun, depan Pemda Kulon Progo, Serut, UNY, finish di Alun-alun. Sedangkan untuk SLTP, SLTA, Instansi/ Umum dari Alun-alun, depan Pemda Kulon Progo, Serut, Dayakan dan finish di Lapangan Pengasih.

Pawai diawali dengan pengibasan bendera start oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) didampingi Ibu Reni Hasto Wardoyo, Forkopimda, Kepala OPD. Dan regu pertama yang diawali pasukan yang membawa bendera merah putih. Masyarakat antusias menyaksikan berbagai kreasi gerakan baris-berbaris, terutama saat tampil di depan panggung kehormatan.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyampaikan, jika pada tahun sebelumnya pawai selesai sampai malam, maka mulai tahun 2018 ini pawai diusahakan sebelum magrib sudah selesai. Hal ini agar memberikan kesempatan kepada peserta muslim untuk tetap dapat menjalankan ibadah. Selain itu disiplin ketepatan waktu masuk penilaian utama agar peserta disiplin, betul-betul menjaga waktu. Semakin bertambah waktunya, maka penilaian semakin berkurang.


"Penilaian yang utama ketepatan waktu untuk SD/MI waktu 72 menit. SLTP, SLTA dan Instansi/Umum waktu 87 menit. Lebihdari itu maka di dis, tidak dinilai. agar peserta itu disiplin, betul-betul menjaga waktu. Ini yang berbeda dengan tahun yang lalu. Juga yang mendampingi tim boleh pakai motor yang mendampingi maksimal 2. Jika lebih dari dua disuruh keluar. Kalau tidak mau keluar, regu di dis. Sehingga pawai bisa dinikmati masyarakat tanpa terganggu oleh jumlah pendampingnya yang berlebihan karena hasil pengamatan selama ini yang mendampingi banyak dan mengganggu. Maka tahun ini yang mendampingi harus terbatas. Yang pakai motor hanya 2. Jika kurang 1 menit nilai dikurangi 1, jika lebih dari 1 menit akan dikurangi nilainya 5. Jika lebih maka makin negatif. Pokoknya disiplin. Karena kerja harus disiplin, integritas juga disiplin. Semangat keserasian adaa tapi unsur terbesar 40 persen di disiplin ketepatan waktu. Ini yang berbeda dengan tahun kemarin." Kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kulon Progo. Drs.Sumarsono,MSi.


Untuk tahun ini peserta dari SD/MI 28 regu, SLTP 24 regu, SLTA 35 regu, Instansi/ Umum 12 regu.
(at@humaskp)

 

99 Regu Ikuti Pawai, Disiplin Ketepatan Waktu Nilai Yang Utama