Menghadapi Kondisi Meno dan andropause Pada Pasutri Lansia

  • 23 Agustus 2018 09:01:09
  • 828 views

Menghadapi kondisi menopause maupun andropause pada pasangan suami - isteri lansia merupakan permasalahan dan tantangan tersendiri, serta diperlukan adanya antisipasi untuk bagaimana agar dapat menerima kondisi tersebut karena memang terjadi secara alami dalam kehidupan manusia.
Sebagai ilustrasi pula bahwa kondisi fisik, mental dan sosial setiap individu selalu mengalami perubahan yang terjadi secara perlahan, teratur dan pasti.
Pada saat mengalami penurunan kondisi inilah, akan timbul kegelisahan batin, kegoncangan jiwa, bahkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan jiwa, stress yang berkepanjangan dan keputusasaan.
Dalam kondisi ini tentu sangat merugikan bagi seseorang, apabila tidak ada persiapan dan antisipasi dengan baik dan benar.


Apabila terjadi suatu perubahan fisik dan mental yang disebabkan terutama karena terjadinya penurunan hormonal secara pelan dan pasti pada seorang wanita itu disebut klimakterium. Pada fase ini seseorang wanita akan mengalami kekacauan pola menstruasi, serta terjadi perubahan psikologis dan perubahan fisik.
Kondisi ini berlangsung kurang lebih selama 5 tahun sebelum dan sesudah menopause, dengan berbagai variasi ada yang sampai 10 tahun atau tanpa kekacauan yang signifikan, sehingga klimakterium dapat terjadi pada wanita sejak usia 40 - 55 tahun.
Bagaimana bisa terjadi kondisi menopause pada wanita dan andropause pada laki-laki, khususnya pada pasangan suami - isteri (pasutri) lansia.

..........