Anugerah Iptek Kreanova Menoreh Tahun 2018

  • 17 Agustus 2018 13:33:52
  • 868 views

Saat Upacara di Halaman Pemkab Kulon Progo, dengan Inspektur upacara Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, dengan peserta PNS di lingkungan Pemkab Kulon Progo. Pada kesempatan ini Wabup menyerahkan Penghargaan Anugerah Iptek Kreanova Menoreh Tahun 2018, berupa Piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Ada 6 (enam) penerima penghargaan yang terbagi dalam 2 (dua) kategori, kategori umum dan siswa. Untuk Kategori umum, Juara I diberikan kepada Bayuarga Damar S. Kamal Karangsari Pengasih yang membuat Aplikasi Wisataku mendapat Piagam Penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta

Juara II Tarudi warga Cekelan Karangsari Pengasih tentanng Soumi, mendapat Piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 3 juta. Juara III Pony Salimah warga Cekelan Karangsari Pengasih, tentang Befle tea
Mendapat Piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp.2 juta

Untuk Kategori Pelajar, Juara I diraih oleh Yayang Septriadini dkk dari SMK N I Temon dengan tentang Diversifikasi Pengolahan Ikan Lele sebagai alternative makanan kaya protein dalam bentuk "Lemon Catfish Cookies" di Daerah Kulon Progo, mendapat Piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 5 juta

Juara II diraih Ririn Setya Damayanti dkk SMK N I Temon, tentang "Geblek Ikan Tunul" makanan kaya protein sebagai Diversivikasi Pengolahan Hasil Perikanan di Kulon Progo, mendapat
Piagam 3 juta, Juara III Niken Dwi Astuti dkk, SMK N I Panjatan tentang Lotion Anti Nyamuk dengan bahan Aktif Ekstrak Daun Kenikir dan Minyak Jeruk Nipis, mendapat Piagam penghargaan dan Uang pembinaan Rp. 2 juta.


Saat Upacara di Alun-alun Wates, upacara dipimpin oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Pembaca Teks Proklamasi Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati,SE, Pengibar Bendera L. Cahyo Nugroho (SMA N1 Wates), M.Forhan Ramadan (SMA N2 Wates), Lintang Sukma Putrayanan (SMA N1 Pengasih). Dengan peserta berbagai unsur, TNI, Polri, OPD, Pelajar dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Selesai upacara, Bupati didampingi Kepala Rutan IIB Wates menyerahkan remisi umum 17 Agustus 2018 kepada 28 (Dua puluh delapan) warga binaan yang mendapat remisi, diwakili oleh Salimin (remisi 4 bulan), Sukardiyanto (remisi 3 bulan), Teguh Setiawan (remisi 1 bulan), Dwiyanto (remisi 1 bulan langsung bebas).


Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo seusai menyerahkan penghargaan, menyampaikan selamat dan terimakasih, Pemkab memberikan penghargaan-penghargaan karena prestasi terbaiknya. Termasuk berbagai profesi lain tentu harus bekerja keras. Masyarakat dimanapun beraktifitas agar meraih prestasi dimanapun, bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain dan masyarakat bangsa dan Negara.


Bayuarga Damar S. Warga Kamal Karangsari Pengasih yang meraih Juara I setelah membuat Aplikasi Wisataku yang menjembatani antara wisatawan dan masyarakat dan akhirnya bisa bersinergi dengan Pemda Kulon Progo sehingga bisa menjadi marketplace di Kulon Progo.

"Dengan aplikasi ini diharapkan UMKM di Kulon Progo semakin meningkat. Manfaat bagi Kulon Progo wisata menjadi marketplace bagi UMKM di Kulon Proo, dan diharapkan ekonomi di Kulon Progo semakin meningkat dengan adanya aplikasi yang menjembatani antara wisatawan, UMKM, dan pihak pengelola wisata." Kata Bayuarga.
(at@humaskp)