Open House Konsultasi Warga, Hilangkan Sekat-sekat Informasi

  • 09 Agustus 2018 11:41:27
  • 660 views

Melalui open house yang dilaksanakan setiap kamis pagi sebagai media konsultasi warga dengan Bupati tetap diminati masyarakat. Melalui open house yang dilaksanakan setiap kamis pagi di Rumah Dinas Bupati Kulon Progo ini, banyak warga yang memiliki uneg-uneg terkait permasalahan kemasyarakatan dan pemerintahan menjadi lebih jelas duduk permasalahannya. Sehingga open house ini menghilangkan sekat-sekat informasi.

Pada Kamis (9/8/2018) ada 12 (dua belas) kelompok warga yang menyampaikan aspirasi dan diterima langsung oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Staf Ahli Bupati Arif Sudarmanto, dr.Lestariyono,MKes.

Salah satu warga Wijimulyo Nanggulan Agus menyampaikan permasalahan ingin menjadi pangkalan gas LPG bersubsidi, setelah dijelaskan Bupati Kulon Progo akhirnya mengetahui kondisi dan prosedur tentang tata niaga gas. Sebelum ke Bupati, sudah ke PT. Pertamina, Hiswana Migas, Agen LPG, Dinas Perdagangan tetapi belum ada jawaban yang memuaskan.

Dokter Hasto pun menyampaikan prosedur untuk membuka usaha, dan menjadi pangkalan gas LPG. Akan tetapi saat ini ada keterbatasan alokasi gas LPG bersubsidi sehingga agen dan pangkalan juga dibatasi.

"Untuk membuka usaha persyaratan bisa berhubungan dengan BPMPT. Terkait quota alokasi LPG dan energi di DIY terbatas." Kata Bupati.

Beberapa permasalahan lain yang disampaikan warga, antara lain tentang pengelolaan sampah, konsultasi terkait bedah rumah, konsultasi pengembangan investasi, konsultasi terkait bandara, bahkan karena Bupati juga dokter, ada yang berkonsultasi terkait kesehatan.

Ada warga Dipan Wates yang menyampaikan mengalami menopause dini, dan oleh Dokter Hasto langsung diberikan beberapa penjelasan resep obat, setelah berobat diminta untuk kontrol laboratorium dan hasilnya diminta diinformasikan ke dokter Hasto untuk dikirim melalui HP.

Saat ada salah satu warga yang meminta bantuan pribadi, Dokter Hasto menyampaikan bahwa forum ini mengutamakan membahas masalah kemasyarakatan dan pemerintahan di masyarakat, sedangkan yang sifatnya masalah pribadi Dokter Hasto meminta untuk bertemu di RS Sadewa miliknya yang ada di Babarsari Sleman.
(at@humaskp)