Siapkan Layanan ortopedi dan Traumatologi di RSUD NAS

  • 30 Juli 2018 13:37:02
  • 1689 views

Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan meningkatkan layanan masyarakat, dalam waktu yang tidak lama lagi RSUD NAS memiliki dokter spesialis ortopedi dan traumatologi. Senin (30/7) sudah dilakukan penandatanganan perjanjian antara dr.Taufiq Suwardi,Sp.OT dengan RSUD NAS. Dan saat ini masih menunggu SIP.

Direktur RSUD NAS menyampaikan, saat ini kunjungan bedah di RSUD NAS (Nyi Ageng Serang) dinilai sudah banyak hampir 150 kasus, seperti bedah umum bahkan ortopedi, maka dibutuhkan dokter spesialis ortopedi dan traumatologi. Karena kebutuhan masyarakat serta peningkatan layanan oleh RSUD NAS kepada masyarakat untuk kasus bedah tulang memang dibutuhkan seorang dokter spesialis ortopedi dan traumatologi.

Selain karena kebutuhan masyarakat, juga karena RS NAS berada di dekat jalan nasional, jalan provinsi yang tingkat kecelakaan lalu lintasnya juga cukup tinggi.

"Kalau memang bisa sehat di Kulon Progo, untuk kasus ortopedi, kenapa harus dirujuk. Karena kebutuhan dan kunjungan kasusnya sudah banyak, dan memang RS NAS sudah layak ada dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi (Sp.OT. )" kata Direktur RSUD NAS dr.Sandrawati Said,M.Kes.

dr.Sandra juga menyampaikan, Insyaalloh untuk pengadaan peralatan sedang proses. Meski operasi untuk awal belum setiap hari, tapi dokter diusahakan setiap hari. Dan saat ini masih mengurus SIP.

"Jika SIP sudah ada, saya akan sosialisasikan ke masyarakat melalui 21 puskesmas bahwa ada tambahan layanan di RS NAS. Yang tentunya untuk mendapatkan akses itu kalau pasien umum bisa langsung, kalau pasien berpenjamin tetap melalui proses rujukan dari PPK I di 21 puskesmas, dari dokter keluarga, dari klinik pratama karena RS NAS PPK 2

Dijelaskan oleh dr.Sandra, dokter untuk beroperasional di RS ada prosedur yang harus dilewati, salah satunya untuk mendapatkan SIP harus mendapat rekomendasi dari Ketua Kolegiumnya. Jelas dr.Sandra seusai penandatanganan perjanjian antara dr.Taufiq Suwardi,Sp.OT dengan RSUD NAS.
(at@humaskp)