Open House Bupati dan Wakil Bupati

  • 21 Juni 2018 10:39:06
  • 1037 views

WATES, Berbeda dengan tahun sebelumnya, jika pada tahun lalu kegiatan open house Bupati dan wakil Bupati dilaksanakan pada hari H setelah shalat Idul Fitri, namun kali ini open house diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 20 Juni 2018 mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB di Rumah Dinas Bupati Kulon Progo. Sedangkan pada hari pertama hanya menerima dari warga masyarakat sekitar Rumah Dinas Bupati.

Open House diantaranya dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, unsur Forkopimda, OPD, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Pejabat Eselon II, III dan IV, PNS di lingkungan Setda Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas, dan warga masyarakat Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan open house dengan saling berjabat tangan dan saling memaafkan ini berlangsung dengan penuh keakraban dan persaudaraan.

Open house pada tanggal 20 Juni 2018 satu hari menjelang masuk kerja ini, dimaksudkan agar pada hari pertama kerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat langsung bekerja dan melayani masyarakat, sehingga diharapkan tidak ada kegiatan syawalan lagi di kantor.

Sementara itu, kegiatan lain yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati seperti pada tahun-tahun sebelumnya setiap memasuki hari raya Idul Fitri 1 Syawal, Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) bersama keluarga dan Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H. Sutedjo bersama masyarakat melakukan shalat Idul fitri di Alun-alun Wates.

Ribuan masyarakat muslim Kabupaten Kulon Progo yang datang dari berbagai penjuru memadati alun-alun Wates.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Nurudin, SH, MA selaku Imam Shalat Idul Fitri 1439 H dan penceramah, mengatakan, sudah sepantasnya sesama umat Islam saling mendukung dan membantu dalam hal kebaikan. Baik itu urusan dunia dan agama . Saling membantu dan memaafkan adalah sifat aseli manusia sebagai makhluk sosial.

"Di hari Idul Fitri ini perlu saya sampaikan kepada semua jamaah, bahwa pada bulan Ramadhan sudah mengajari kepada kita untuk berbuat jujur, khusyu’, dan berjiwa besar, serta shalat berjamaah di Masjid maupun di Mushola. Dengan harapan kebaikan baik itu bisa dilanjutkan di luar bulan Ramadhan. Marilah buang rasa dendam yang masih ada, sehingga ketentraman bisa terwujud." Tegas Nurudin.

Pada kesempatan ini, Nurudin juga mengingatkan kepada kita semua untuk selalu menjaga persaudaraan diantara sesama umat Islam khususnya di Kabupaten Kulon Progo ini.

"Kalau kita sudah memberi maaf, pasti akan terbangun kekuatan umat Islam yang utuh. Kalau kita sudah memberi maaf kepada saudara kita satu saja, akan terbentuk rasa persaudaraan dan kalau ada yang menyakitinya maka kita akan membelanya. Begitulah perintah Allah kepada umat Islam. Persaudaraan umat Islam itu seperti satu badan, apabila ada salah satu badan yang sakit, semua akan merasakan. Untuk itu, marilah kita bangun persaudaraan diantara kita di Kabupaten Kulon Progo ini." jelas Nurudin.

Usai melaksnakan Shalat Idul Fitri, Bupati Kulon Progo menyerahkan Piala, Piagam Penghargaan dan Hadiah kepada peserta lomba pada kejuaraan yang digelar selama bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah.   

Setelah selesai shalat idul Fitri di Alun-alun Wates, Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo menerima silaturahmi dari warga masyarakat di sekitar Rumah Dinas. (HUMAS KP)