Tim Bedah Rumah Kulon Progo Kunjungi Gunung Kelir

  • 23 April 2018 14:39:40
  • 1237 views

GIRIMULYO, Sasaran Tim Bedah Rumah Kabupaten Kulon Progo, pada minggu ke -4 hari Minggu (22/4) tahun 2018 kali ini adalah Pedukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Kecamatan Girimulyo yang terdiri dari 4 (empat) kecamatan dengan 57 pedukuhan merupakan daerah pegunungan yang sebagian penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan.
Sebagian penduduk yang masih hidup di bawah garis kemiskinan tersebut, menjadi perhatian Tim Bedah Rumah Kabupaten Kulon Progo.

Warga yang dikunjungi Tim Bedah Rumah adalah rumah bapak Legiman mendapat bantuan sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) dari Baznas Kabupaten Kulon progo, Ibu Dadi mendapat bantuan Rp 11.000.000,- (sebelas juta rupiah) dari Putra-Putri POLRI dan Ibu Jumilah mendapat bantuan Rp 13.000.000,- (tiga belas juta rupiah) dari Forum Peduli Kulon Progo (FPKP).

Rumah Ibu Dadi di Rt 31/07, Pedukuhan Gunung Kelir merupakan sasaran pertama, pada saat dikunjungi Tim Bedah Rumah sudah selesai dibangun dan siap ditempati, meskipun masih berlantai tanah dan dindingnya belum dilapisi semen. Rumah Ibu Dadi ini merupakan lokasi terjauh dari jalan utama, sehingga Tim harus berjalan sejauh kurang lebih 1 km.

Sedangkan sasaran kedua di Rumah Bapak Legiman di Rt 24/06 masih di Pedukuhan yang sama yaitu di Gunung Kelir. Kondisi rumah bapak Legiman baru mulai dibangun, sehingga Tim Bedah Rumah bisa ikut bergotong-royong bersama-sama warga setempat.

Sasaran Tim Bedah Rumah ketiga yaitu rumah Ibu Jumilah (lansia) yang dalam kesehariannya hidup sendiri, karena sudah ditinggal suaminya. Keberadaan Rumah Ibu Jumilah sudah selesai dibangun meskipun hanya berdinding triplek dan beratap asbes.

Namun demikian rumah Ibu Jumilah yang berada di pinggir jalan utama Girimulyo ini sudah dikategorikan Rumah Layak Huni (RLH), meskipun belum terdapat Jamban dan Kamar Mandi. Untuk Jamban dan Kamar Mandi ini, pihak Baznas Kabupaten Kulon Progo bersedia memberikan bantuan dengan mengajukan proposal ke Kantor Baznas Kabupaten Kulon Progo disertai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Donatur lain, dalam kegiatan Bedah Rumah ini yaitu : Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan, serta Staf Ahli Bupati Kulon Progo, Bidang Kesra dan SDM.

Program Bedah rumah ini, diikuti berbagai pendamping utama dan pendamping tetap dari OPD terkait di lingkungan Kabupaten Kulon Progo.

Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo selaku pimpinan rombongan, menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur termasuk Forum Peduli Kulon Progo (FPKP), yang sudah memperhatikan warga kurang mampu di wilayah Kulon Progo.

"Kepedulian ini hendaknya terus dilanjutkan oleh para donatur lainnya dan perlu adanya swadaya masyarakat serta terus melakukan pembangunan rumah secara gotong royong sampai rumah tersebut selesai dan bisa ditempati." Pungkas Sutedjo.
(Humas KP)