BBGRM di Kalibawang

  • 19 April 2018 13:58:00
  • 841 views

Pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XV di Kalibawang, Rabu (18/4) tahun 2018, dipadukan dengan peringatan HKG PKK Ke-46, Lomba paduan suara, Lomba Posyandu, Lomba Desa Siaga dan Lomba LPMD.

Hal ini sesuai dengan Permendagri No.42 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Surat Bupati Kulon Progo No.414.2/1805 tanggal 19 April 2017 tentang Pelaksanaan BBGRM XV dan HKG PKK ke-46 dan Lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Tahun 2018.

BBGRM ini dengan tema "Dengan Bulan Bakti Gotong Royong kita dayagunakan peran Lembaga Kemasyarakatan Desa/ Kelurahan sebagai mitra Pemerintah Desa/ Kelurahan". Berkenaan dengan hal ini, Wakil Bupati Kulon Progo beserta jajaran meninjau pelaksanaan upaya pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Kalibawang di 10 (sepuluh) titik pos kegiatan sampel.

Saat pelaksanaan BBGRM dan HKG PKK di Kecamatan Kalibawang ini, Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo Kulon Progo Drs.H.Sutedjo berharap segala potensi yang ada dimasyarakat agar terus digerakan untuk mengimbangi bantuan yang diberikan pemerintah, sehingga swadaya masyarakat bertambah, masyarakat semakin maju, dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

"Semoga Kecamatan Kalibawang semakin maju, berkembang dan semakin meningkat kesejahteraan masyarakatnya." Kata Wakil Bupati saat Pembukaan BBGRM ke XV dan HKG PKK ke 46 di Kecamatan Kalibawang yang dibuka di Balai Desa Banjararum, Rabu (19/4/2018).

Dalam Kunjungan ini Wabup didampingi Ketua DPRD Akhid Nuryati,SE, diterima oleh Camat Kalibawang beserta Muspika, Seluruh Kepala Desa dan masyarakat.

Seusai pembukaan BBGRM yang dilaksanakan di Balai Desa Banjararum Kalibawang, Wakil Bupati beserta tim BBGRM dan HKG PKK meninjau KWT Cempaka Pedukuhan Kanoman 1 Banjararum melakukan memanen Tanaman Sayuran, Peresmian Rabat Beton Gandasari Banjarasri, Menyaksikan Pembangunan Talud/ Bangket Drainase di Pedukuhan Kalisoka Dengan Dana APBDes Tahun 2018 .

Di BUMDes Binangun Asri Sejahtera Abadi, Menyaksikan beberapa produk olahan pangan yang sudah dikemas rapi seperti Emping Jagung, Keripik Pisang, Astor Alit dengan berbagai rasa.

Saat di Pedukuhan Beku, Wakil Bupati ikut bedah rumah milik Panut dan menyerahkan IMB bantuan dari Kecamatan. Dilanjutkan Peresmian Pendopo dan Kantor Kepala Desa Banjarharjo dengan Dana APBDes Tahun 2017. Meresmikan pembangunan Rabat Beton di Pedukuhan Dlingseng Banjaroyo dan terakhir Wakil Bupati Launching Kopi Loegoe.

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo mengapresiasi semangat gotongroyong masyarakat dan partisipasi di Kecamatan Kalibawang yang terlibat aktif dalam membangun daerah. Wabup juga mengapresiasi swadaya yang tinggi di Kalibawang, yang dalam satu tahun mencapai sekitar Rp. 2,5 miliar.

Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati,SE saat panen sayuran di KWT Cempaka menyampaikan, agar KWT selain memproduksi hasil pertanian, juga memikirkan pemasarannya. Sehingga usaha KWT dapat perkembang, kas kelompok juga akan bertambah.

Selain ikut bergotong royong dan menyaksikan berbagai kegiatan masyarakat, Wakil Bupati beserta OPD terkait juga mendapat berbagai masukan permasalahan di masyarakat, antara lain terkait infrastruktur jalan, pengembangan usaha desa dan beberapa usaha lain.
(at@humaskp)