Peringatan Hari Air Dunia di Sapon

  • 28 Maret 2018 09:47:13
  • 886 views

Puncak Peringatan Hari Air Dunia 2018 DIY dipusatkan di Bendung Sapon Sidorejo Lendah. Peringatan ditandai dengan sarasehan, penyerahan buku komik, dan penanaman pohon di kompleks bendung Sapon.

 

Acara dihadiri Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Komandan Kodim 0731 Kulon Progo, jajaran Pemerintah Provinsi DIY, BBWSO, BPDAS, Muspika, tokoh masyarakat, petani pemakai air, siswa perwakilan SD, SMP, SMA di Lendah serta jajaran terkait.

 

Sarasehan dengan narasumber Dr.H.Nasirudin,MA dari ITY, Kepala BBWSO Ir.Tri Bayu Aji,MA, dari BPDAS Dra Asih Yunani, Kuntaro,ST dari Bidang SDA DPUP-KP Kulon Progo.  Adapun tema Sarasehan, Pengelolaan Sumber Daya Air yang lebih bermartabat dan berdayaguna, dengan materi Pengelolaan dan Konservasi Sumber Daya Air dilihat dari Aspek Akademisi, Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Air yang berkelanjutan, Peran Kabupaten Kulon Progo dalam penanganan pengelolaan Sumber Daya Air, Kebijakan Konservasi dalam mendukung pengelolaan sumber daya air.

 

 

Wabup Drs.H.Sutedjo mengajak agar semua harus mengetahui dan sadar arti penting air. Di Kulon Progo tata pengairan yang baik bertujuan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Wabup juga mengajak agar semua masyarakat juga ikut menjaga kelestarian hutan dan tanaman terjaga, supaya resapan air juga makin banyak. Wabup juga mengingatkan agar tidak mudah menebang pohon, dan lebih suka menanam pohon.

 

“Jangan sekali-kali menebang pohon kalau tidak mau menanam. Makin banyak pohon, makin terpelihara resapan air. Air hujan juga perlu dikelola agar tidak liar dan bisa berlama-lama meresap ke dalam tanah.” Kata Wabup.

 

Kuntarso,ST menyampaikan perlunya terkait pengelolaan sumber daya air, Jika sedikit akan menimbulkan kekeringan, Jika berlebih akan menimbulkan banjir, dan Jika kotor maka air tersebut akan tercemar.

 

Kebijakan Pemkab Kulon Progo dalam pengelolaan sumber daya air antara lain. Mengacu pada Rencana Induk Pengelolaan SDA yang telah ditetapkan dalam sidang tingkat PSDA WS POS. Melibatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha mulai dari penyusunan, perencanaan, pelaksanaan kontruksi, operasi dan pemeliharaan, pemantauan serta pengawasan.

 

Pengelolaan SDA yang dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo memperhatikan keserasian antara konservasi dan pendayagunaan, Hulu hilir, Pemanfaatan air permukaan dan air tanah, Peruntukan kepentingan jangka pendek dan jangka panjang.

(at@humaskp)