Wabup Buka Mtq Tingkat Kabupaten

  • 18 Maret 2018 17:49:56
  • 929 views

Setelah meresmikan Masjid Baiturahman di Komplek SMA N 1 Girimulyo, Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo membuka Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat (MTQ) Kabupaten Kulon Progo Tahun 2018 yang diselenggarakan di Komplek Balai Desa Giripurwo Girimulyo, Minggu (18/3/2018).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wabup, yang dampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati,SE,Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo H.Nurudin,SH,MA. Forkopimda, Kepala OPD, Khafilah dari 12 Kecamatan, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar.

Sebelumnya diawali sambutan Camat Girimulyo Purwono,SSos, Laporan Ketua LPTQ Arif Prastowo,SSos, dan Pembacaan Keputusan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo oleh Ketua Panitia Saeful Hadi,SAg.MPd.I.


Wakil Bupati Kulon Progo Drs H Sutedjo menyampaikan, melalui MTQ ini, bukan sekedar menampilkan keindahan namun juga menyampaikan nilai pembentuk akhlak paripurna yang sempurna.

"Kepada para khafilah menyampaikan selamat berlomba, kepada penyelenggara baik tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa kami sampaikan salut karena penyelenggaraan kali ini lebih tertata rapi" kata Wabup.

Sesuai dengan Tema, MTQ ini diharapkan mewujudkan revolusi mental dalam memanfaatkan nilai nilai Islam Rohmatan Lil Alamin. Melalui MTQ ini selain sebagai upaya untuk mencintai Al Qur'an, juga sebagai media silaturahim.

Kegiatan MTQ ini juga sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Kulon Progo tentang pendidikan karakter. Dengan MTQ juga berdampak masyarakat lebih cinta Al Qur'an, bersikap dan perilaku sesuai Al Qur'an.

"Dengan Pendidikan Karakter yang dilaksanakan di Kulon Progo, tidak hanya menjadikan anak didik cerdas tapi juga berbudi luhur, beretika, dan memiliki tata Krama sopan santun" kata Wabup.

Kepada masyarakat juga ditegaskan terkait pentingnya tetap menjaga kerukunan intern umat seagama, kerukunan antar umat beragama, dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah.


Sebelum pembukaan MTQ, dilakukan pembacaan Keputusan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo yang menetapkan Panitia, Dewan Hakim dan Peserta Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Kulon Progo. Dengan Penanggung Jawab H.Nurudin SH.MA, Ketua Panitia Saeful Hadi,S.Ag.M.Pd.I. adapun Majelis Hakim antara lain:

I.Majelis Hakim Tartil Putra/Putri dengan Ketua Maryanto,SAg,
II.Majelis Hakim Tilawah Anak-anak Putra/Putri dengan Ketua M.Imaduddin,
III.Majelis Hakim Tilawah Remaja Putra/Putri dengan Ketua K.Muh Ghufron,
IV.Majelis Hakim Tilawah Dewasa Putra/Putri dengan Ketua Dr.H.Abdul Madjid.
V.Majellis Hakim Tahfidz 1 Juz dan Tilawah Putra/Putri dengan Ketua Syirwan Rosid,SAg.
VI.Majelis Hakim Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Putra/Putri dengan Ketua K.M.Nur Charir.
VII.Majelis Hakim Tahfidz 30 Juz Putra dan Putri dengan KetuaK.H.Saifudin
VIII.Majelis Hakim Tahfidz 10, 20 Juz Putra dengan Ketua Nyai Machsunah
IX.Majelis Hakim Tahfidz 10, 20 Juz Putri dengan Ketua K.Abdul Fatah.
X.Majelis Hakim Syarhil Quran Putra dengan Ketua Drs.H.Damanhuri,MA.
XI.Majelis Hakim Syarhil Quran Putri dengan Ketua Zamroni,SAg,MSi.
XII.Majelis Hakim Fahmil Quran Putra dengan Ketua Dra.Siti Muslimah,MPd.
XIII.Majelis Hakim Fahmil Quran Putri dengan KetuaAkh.Khudori,SAg.MPd.I.
XIV.Majelis Hakim Khat Al Quran Bidang H.Sutrisno,BA dan Nur Cholis.

Camat Girimulyo Purwono,SSos menyampaikan, melalui MTQ ini sebagai sarana menyeleksi Hafid Hafidzah Qori Qoriah untuk wakili Kulon Progo meju ke tingkat DIY.

Ketua LPTQ Kabupaten Kulon Progo Arif Prastowo,SSos menyampaikan, MTQ ini diikuti oleh 12 Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo dengan total 303 orang, harapannya dapat menjaring tilawah tilawah yang handal untuk maju ke tingkat DIY

"Kepada Khafilah selamat berlomba, tampilkan kemampuan terbaik" kata Arif Prastowo,SSos.
(at@humaskp)