Yayasan Gugah Nurani Bantu Bangun Sumur dan Fasilitas Air Bersih Warga Banaran

  • 13 Maret 2018 08:04:56
  • 1329 views

GIRIMULYO, Senin (12/3/2018). Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) resmikan Pembangunan Sumur dan Fasilitas Air Bersih bagi warga Pedukuhan Banaran Desa Pendoworejo Girimulyo. Warga Dusun Banaran sebelumnya kesulitan untuk mengakses air khususnya pada musim kemarau. Warga biasanya perlu menempuh jarak 3-4 km untuk mendapatkan air yang digunakan dalam kesehariannya.

Ary Purnama Nugraha sebagai Asisten manager Yayasan GNI cabang Yogyakarta mengatakan bahwa pembangunan ini dapat diselesaikan atas peran serta warga Dusun Banaran. Pembina dan Ketua Yayasan GNI pun turut memberikan apresiasi kepada warga yang turut andil dalam setiap proses pembangunan. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh dr. Lestariyana,M.Kes (Staf Ahli Bupati), Camat Girimulyo Purwono,S.Sos beserta unsurnya, Kepala Desa Pendoworejo Budiman.

Budiman sebagai Kepala Desa Pendoworejo pun juga sangat berterima kasih atas upaya GNI dalam memberdayakan masyarakat lewat program-programnya.

 

Dalam sambutannya, Bupati Kulon Progo menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Yayasan GNI atas kepeduliannya terhadap Kabupaten Kulon Progo.

"Terimakasih kepada Yayasan GNI atas kepeduliannya terhadap Kabupaten Kulon Progo khususnya di Desa Pendoworejo. Dengan adanya fasilitas air bersih yang telah dibangun ini hendaknya dipelihara dan dirawat dengan baik oleh masyarakat. Jangan sampai hanya berfungsi beberapa hari saja, namun setelah itu tidak ada pemeliharaan, sehingga mangkrak dan tidak terawat. Untuk itu, semangat handarbeni (merasa memiliki) itu penting. Dengan adanya Pembangunan Sumur dan Fasilitas Air Bersih ini, maka sekarang warga Dusun Banaran dapat sangat mudah untuk memperoleh akses terhadap air bersih dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya." Sambutan Bupati yang disampaikan dr.Lestariyana,MKes.

 

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Yayasan Gugah Nurani dengan Desa Pendoworejo terkait pemberian sarana air bersih di dusun Banaran Pendoworejo Girimulyo.

MoU ditandatangani oleh Setyo Warsono Ketua Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) yang beralamat di Jakarta Utara selaku Pihak Pertama dengan Budiman Kepala Desa Pendoworejo Girimulyo selaku pihak kedua, dengan saksi Ary Purnama Nugraha dan Suhardi. Melalui MoU ini dilakukan penyerahan sarana air bersih berupa 3 (tiga) unit bangunan bak air beserta jaringan pemipaan dari Yayasan GNI kepada warga Banaran.

Pembangunan fasilitas sarana air bersih ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih yang mendukung kebutuhan mendasar masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ketentuan dapat digunakan oleh semua anggota masyarakat sesuai dengan ketentuan pengelolaan dan tidak dibenarkan untuk memperoleh keuntungan secara sepihak. Jika terjadi hal yang tidak diharapkan maka diadakan musyawarah bersama.

Melalui MoU ini, Pihak kedua wajib merawat sepenuhnya fasilitas air bersih yang pembangunannya telah diberikan oleh pihak pertama. Jika terjadi kerusakan dan kehilangan, merupakan tanggung jawab warga masyarakat.
(at@humaskp)