Soft Opening Taman Budaya Kulon Progo

  • 12 Maret 2018 08:00:12
  • 2929 views

Gubernur DIY Soft Opening Taman Budaya Kulon Progo yang terletak di Jl.Kawijo Pengasih Kulon Progo, Senin (12/3/2018). Sebelum soft opening, Gubernur DIY Sri Sultan HB X melihat maket, dan melakukan peninjauan langsung baik gedung, maupun sarpras Taman Budaya Kulon Progo.

Gubernur DIY didampingi oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, beserta beberapa pejabat propinsi DIY maupun pejabat di lingkungan PemKab Kulon Progo.

Disamping meninjau, Gubernur juga langsung memberikan pengarahan kepada Bupati baik terkait sarana prasarana seperti penambahan AC, maupun untuk pemeliharaan operasional perawatan. Diharapkan kedepan untuk pemeliharaan tidak mengandalkan Dana Keistimewaan tetapi dapat dikelola sendiri, dan pemakaian tidak semua digratiskan sehingga dapat digunakan untuk membantu biaya pemeliharaan.

Gubernur DIY juga melakukan penanaman satu pohon sawo kecik di halaman Taman Budaya, Bupati juga melakukan penanaman satu pohon. Selesai penanaman pohon, Gubernur Bupati beserta tamu undangan lain menyaksikan penampilan sendratari Sugriwo Subali dan pementasan tari angguk.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan, dalam rangka optimalisasi dan dinamisasi peran dan fungsi Taman Budaya Kulon Progo sebagai fasilitas dan sarana budaya, maka sedang dilaksanakan proses pembentukan Unit Pengelola Teknis (UPT) Taman Budaya Kulon Progo, sebagai satuan unit dari Dinas Kebudayaan Kulon Progo.

"Taman Budaya Kulon Progo dibangun di atas lahan Kas Desa Pengasih dengan luas 4,2 Ha yang saat ini statusnya disewa oleh Pemerintah Daerah. Saat ini sedang direncanakan untuk dilakukan akuisisi lahan oleh Pemerintah Daerah dengan menggunakan Dana Keistimewaan sesuai peraturan perundangan yang berlaku" kata Dokter Hasto panggilan akrab Bupati.

Bupati menjelaskan, Tahun 2014 dengan anggaran Rp. 3.337.314.500,- digunakan untuk membangun Fisik Konstruksi Gedung Teater Tertutup/ Pondasi Tiang Pancang dan Sebagian Kolong. Tahun 2015 dengan dana sebesar Rp. 9.920.326.000,- digunakan untuk membangun Konstruksi Gedung Teater Tertutup. Tahun 2016 dengan dana Rp.4.392.062.000,- untuk Pembangunan Konstruksi TBK, Pengadaan Air Conditioner (AC), Pengadaan Kursi Auditorium, Pengadaan Sound System. Tahun 2017 dengan dana Rp. 26.353.000.000,- untuk Pembangunan Joglo, Kantin dan Mushola, Gedung Pengelola, Landscape, Pager Keliling Non Pondasi, Rumah Genset, Penyempurnaan Kursi dan Gapura. Tahun 2018 direncanakan akan membangun Ruang Pertunjukan Teater Terbuka.

(at@humaskp).