Bupati Kulon Progo Pimpin Operasi Gratis di Rembang

  • 21 Februari 2018 09:53:54
  • 1566 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) memimpin tim melakukan operasi gratis dalam rangka HUT ke-63 RSUD dr.R.Soetrasno Rembang. Dari target 300-an, peserta menjadi 605 warga yang terdaftar sebagai operasi gratis. Peserta tidak hanya dari Rembang dan sekitarnya, bahkan ada yang dari Bekasi. Operasi gratis ini merupakan kerjasama RSUD dr.R.Soetrasno Rembang dengan Tim Bakti Sosial Alumni FK-UGM Angkatan 1983.

Dokter Hasto pada Selasa (21/2) pada pukul 10.00 WIB melakukan operasi pertama, dengan mengangkat tumor rahim seorang wanita yang sudah tua.

"Saya membantu melakukan miomektomi, tumor rahim tapi besar sekali, karena sudah mengidap bertahun-tahun. Orangnya sudah tua, dan ini dioperasi gratis. Sehingga orang yang mengidap tumor bertahun-tahun ini kemudian dapat dilakukan operasi pengangkatan tumor" kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) seusai operasi.

Operasi gratis terhadap lebih kurang 20 penyakit ini digelar selama lima hari di RSUD dr.R.Soetrasno Rembang dari tanggal 20 sampai 25 Februari 2018. Dengan melibatkan 16 dokter dari berbagai rumah sakit ternama di berbagai daerah, dan lebih dari 10 dokter di RSUD dr.R.Soetrasno juga dilibatkan. Antara lain dr.Agus Santos Budi (RSUD dr.Soetomo Surabaya), dr.Bhirowo Yudo (RSUP dr.Sardjito), dr.Dwi Antono (RSUP dr.Kariadi), Kolonel (CKM) dr.Agus Yunianto (RSPAD Jakarta).

"(Operasi gratis) Ini adalah bhakti sosial di Rembang, dan saya diundang untuk ikut operasi di sini. Dan ini teman-teman UGM angkatan 1983, melakukan bhakti sosial. Kebetulan saya Angkatan Tahun 1983. Saya membantu teman-teman, untuk melakukan operasi di RS Dokter R.Soetrasno." kata Hasto Wardoyo yang akrab dipanggil dokter Hasto.


Operasi gratis ini dilakukan setelah peresmian gedung oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz. Bupati Rembang menyampaikan terimakasih kepada Bupati Kulon Progo karena telah menyempatkan diri untuk ikut operasi gratis ini, dan mengapresiasi apa yang dilakukan Bupati Kulon Progo.

"Terimakasih kepada Bupati Kulon Progo, berkenan menyempatkan waktu. Meskipun saya yakin agenda beliau padat, tetapi menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan bhakti sosial. Inilah nilainya yang tidak bisa diukur dengan harta, dengan kekayaan, tetapi sosial itulah yang patut kita apresiasi. Atas nama pribadi maupun masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kulon Progo. Beliau ini tidak hanya melayani warga Kulon Progo tapi juga masyarakat Indonesia" kata Abdul Hafidz.

Abdul Hafidz juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) yang bersedia menjadi narasumber Seminar Kesehatan yang dengan tema "Generasi Emas, Generasi Bebas Asap Rokok" bersama dengan pembicara lainnya dr.Riskiyana Sukandhi Putra.MKes (Kementerian Kesehatan RI) dan dr.Mustika Mahbubi,Sp.JP (Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah RAA Soewondo Pati).


Seminar yang diselenggarakan di Fave Hotel Rembang, Selasa (20/2) ini diikuti 200 peserta, baik perwakilan guru, perwakilan sekolah, kecamatan, dan umum. Peserta sangat antusias saat mengikuti seminar, berbagai pertanyaan, permintaan, maupun masukan disampaikan kepada para pembicara.

Para pembicara berkolaborasi menyampaikan bahaya, resiko, dan upaya perlindungan kepada warga dari bahaya rokok. Para pesera umumnya sudah menyadari bahaya merokok, tapi banyak yang ingin mengetahui tentang upaya pencegahan, baik dari sisi aturan maupun cara pelaksanaan di lapangan untuk menghindari asap rokok.

Sedangkan kepada yang masih merokok, Bupati Kulon Progo lebih menekankan kesadaran moril daripada kesadaran hukum untuk berhenti merokok. Bupati juga menyampaikan kepada peserta untuk memulai menjaga dari bahaya asap rokok mulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat, tetapi harus disiplin.
(at@humaskp)