Komunitas Sepeda Kulon Progo Gelar Gobar

  • 21 Februari 2018 09:27:42
  • 1934 views

Sekitar 200 an pelaku olah raga sepeda Kulon Progo dan sekitarnya membentuk konvoi sepanjang kurang lebih 500 m melalui jalur dari Tugu Pensil Sentolo, Bendung Sapon Lendah sampai titik finish di kompleks kolam renang Tirta Amarta Desa Wisata Jati Moncol, Sukoreno Sentolo.
Menurut koordinator Ipunk, Ketua KSKP, kegiatan Gobar (Gowes Bareng) ini adalah agenda yang rutin dilakukan oleh KSKP setiap dua bulan sekali sejak KSKP diresmikan berdiri oleh Bupati Kulon Progo pada tanggal 15 Oktober 2017 yang lalu. "Gobar I saat peresmian KSKP, 15 Oktober 2017, Gobar II pada bulan Desember 2017 ke Obyek Wisata Bendung Kayangan Girimulyo, dan Gobar III hari ini, 18 Februari 2018", Ipunk menambahkan.
Sementara itu, koordinator peserta, Ryutaro menyampaikan bahwa jumlah peserta Gobar III kali ini sekitar 200-an peserta yang berasal tidak saja dari warga KSKP Kulon Progo, tetapi juga berasal dari beberapa komunitas dan personil dari wilayah Bantul, Sleman dan Kota Jogja.
"Route yang dilalui berjarak sekitar 30 km, dari titik start di Tugu Pensil Sentolo, kemudian menuju Bendung Sapon di wilayah Lendah, dilanjutkan menyusuri jalan yang elevasinya sedikit menanjak melalui kompleks Pabrik Traktor Quick Sentolo, kemudian menuju titik finish di kompleks kolam renang Tirta Amarta, Desa Wisata Jati Moncol, Sukoreno, Sentolo", demikian disampaikan koordinator route, Badroen.


Salah satu yang menarik dari kegiatan ini, sesampainya di daerah Dudukan, sekitar 2 km dari titik finish, peserta telah ditunggu dan dijemput oleh komunitas Onthel Sentolo yang memang tidak mengikuti perjalanan dari titik start dengan pertimbangan spesifikasi sepeda onthel cukup berat untuk mengikuti kecepatan peserta yang rata-rata menggunakan sepeda jenis MTB atau RB.

Sesampainya di lokasi finish, peserta disambut dengan hiburan Organ tunggal dan juga makanan khas pedesaan yang disiapkan oleh panitia dan pengelola Desa Wisata Jati Moncol.
Hadir juga menyambut kedatangan gowesser adalah pemerintah Desa Sukoreno, Dukuh, dan para pengurus dan pengelola Desa Wisata Jati Moncol.
Windu Istanto, Kabag Kesra, yang memberikan sambutan mewakili Pemerintah Desa Sukoreno, menyampaikan sambutan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kedatangan Gowesser KSKP, dan memohon maaf apabila sebagian jalur menuju ke lokasi masih belum halus sehingga agak terasa kurang nyaman dilalui.
Sementara itu, Haji Olan Suparlan , selaku koordinator pengelola Desa Wisata Jati Moncol sekaligus sebagai pemilik kolam renang Tirta Amarta, menyambut gembira atas kepercayaan KSKP untuk hadir dan menggunakan lokasinya dalam kegiatan Gobar III kali ini. "Kami berharap agar kegiatan ini akan membantu pihak pengelola Desa Wisata Jati Moncol dan Kolam Renang Tirta Amarta untuk promosi.... Karena kami yakin bahwa para peserta yang hadir kali ini pasti akan foto-foto dan upload di media sosial... jadi sama saja kami sudah punya tim promo gratisan...", demikian Olan berkelakar dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan dari para peserta dan pengunjung.
Turut hadir dan memberikan sambutan adalah dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Sujarwo, SE, Kepala Bidang Pemberdayaan Pariwisata.
Dalam sambutannya Sujarwo menyampaikan terima kasih kepada KSKP dan juga kepada pengelola Desa Wisata Jati Moncol yang telah bekerja sama untuk mempromosikan destinasi wisata baru di Kulon Progo. Kepada pengelola Desa Wisata Jati Moncol, Sujarwo berpesan agar Jati Moncol merumuskan sesuatu yang baru, yang berbeda dengan desa-desa wisata yang sudah ada, karena tanpa memberikan sesuatu yang istimewa, maka akan berat dalam bersaing dengan yang lain.
Khusus kepada KSKP, Dinas Pariwisata mengharapkan agar kegiatan Gowesnya menuju ke tujuan wisata di Kulon Progo, sebagai bentuk upaya membantu Pemerintah Daerah mengenalkan destinasi wisata kepada publik. "KSKP jika ingin eksis dan komitmen mendukung pembangunan Kulon Progo, dalam satu tahun, minimal harus mampu menggelar satu kali even besar yang menempuh route jalur Bedah Menoreh, bahkan diharapkan di tahun ke dua sejak diresmikannya KSKP tanggal 15 Oktober 2017, KSKP harus punya target untuk menggelar minimal satu even kelas nasional", Sujarwo menegaskan dan disambut secara serentak oleh anggota KSKP, "Insya Allah....".


Seperti yang sudah diprogramkan di seyiap acara Gobar, kali ini KSKP juga menanam dan menyerahkan 3 batang bibit tanaman mangga kepada pengelola Desa Wisata Jati Moncol dan Kolam Renang Tirta Amarta. "Ini adalah salah satu wujud upaya kami dalam upaya ikut berkampanye untuk tetap menjaga keasrian bumi Menoreh, yaitu dengan gerakan suka menanam" Bagus Loka, selaku koordinator acara menerangkan.
Penanaman bibit pohon mangga dilakukan oleh salah satu "master" pesepeda Kulon Progo, Kusuma Ndaru didampingi ketua KSKP, Dinas Pariwisata dan Pengelola Desa Wisata. (eko van ndezo_19-02-18)