Peresmian Pusat Layanan Informasi (help Desk) NYIA

  • 05 Februari 2018 14:49:54
  • 1086 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) bersama Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT.Angkasa Pura I (Persero) Devy W. Suradji, hari ini, Senin (5/2) meresmikan Pusal Layanan Informasi "Help Desk" New Yogyakarta International Airport (NYIA). Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama secara bersama-sama, disaksikan GM PT.AP I, BPN, PT.PP Forkopimda, Muspika Temon, Kades 5 (lima) desa terdampak, dan tamu undangan lainnya.

Help Desk yang berada di Kantor Proyek Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Jl.Raya Wates-Purworejo Km.1 Tanggalan Palihan Temon ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang prosedur dan proses konsinyasi pembayaran gati kerugian serta mengawal pemenuhan hak-hak warga terdampak,sehingga akan terbuka ruang dialog antara warga dengan PT.Angkasa Pura I, Pemkab Kulon Progo, BPN, Kontraktor pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta.

Hadirnya help desk ini merupakan respon terhadap tingginya permohonan layanan informasi yang tepat dan jelas terkait proses konsinyasi pembayaran atas lahan milik warga terdampak pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta, juga untuk menjawah dan memberikan penjelasan terkait lapangan kerja dan potensi usaha di Bandara Internasional Yogyakarta nantinya.

Help desk ini merupakan hasil kerjasama Angkasa Pura I dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo serta stakeholder terkait lainnya seperti BPN, PT.PP.

General Manager PT.Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama menyampaikan, melalui help desk para warga terdampak dapat memperoleh penjelasan dan pemahaman dalam mempersiapkan diri menyambut hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. persiapan ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bersaing memasuki peluang kerja dan peluang usaha. Peluang yang dapat dimanfaatkan warga ini terbuka sejak tahap kontruksi maupun setelah Bandara Internasional Yogyakarta beroperasi.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan dengan help desk ini diharapkan semua masalah bisa diselesaikan, semua ada solusi terbaiknya sekecil apapun permasalahan.

"Sekecil apapun, apapun permasalahan harus diselesaikan dengan baik" kata Dokter Hasto.

Dokter Hasto menyampaikan dengan help desk ini bisa mendengarkan suara akar rumput, mencarikan solusi, dapat menyelesaikan masalah. Bersyukur bila didukung panel ahli yang bisa memutuskan masalah atau decision maker.

"Empati merupakan hal yang penting untuk menyelesaikan masalah. Selamat atas terbentuknya help desk" kata Bupati Kulon Progo.

Devi menyampaikan, semua dimulai dari help desk. Karena help desk ini jadi jembatan segala pertanyaan. Dan untuk mensinergikan antara masyarakat, ekonomi yang bergerak dan pendatang. Petugas di help desk ini dibekali ilmu untuk menghadapi orang, mempunyai jiwa pelayanan, harus tersenyum, berempati dan memberi jalan keluar. Help desk ini diharapkan juga dapat berfungsi sebagai ruang publik, ada informasi untuk masyarakat.

Bandara Kulon Progo juga dinilai memiliki pemandangan yang indah, karena dari pesawat dapat melihat laut di sisi selatan, dan pegunungan di sisi utara.
(at@humaskp)