Majlis Dakwah Dorong Spirit Berjuang

  • 22 Januari 2018 08:56:53
  • 1048 views

Selama 3 (tiga) hari lebih, mulai Jumat pagi (19/1) sampai Senin pagi (22/1/2018) Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Masjid Agung Kulon Progo kedatangan tamu dari majlis dakwah dari Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Karas Magetan Jawa Timur. Dengan pengisi materi antara lain Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Purnawirawan Perwira Tinggi Polri Komjen Pol.Drs.H.Anton Bachrul Alam,SH , Ustad Muhamad Sulhan dan beberapa tokoh nasional lainnya.

Berbagai hal dibahas dalam majlis ini, mulai Ta'lim keutamanan amal dan Halaqoh, Mudzakaroh 6 sifat sahabat, Mudzakaroh Adab Masjid, Usaha memakmurkan Masjid, Mudzakaroh Adab Makan, Mudzakaroh Adab tidur, Sholat Tahajud, Amal Individu dan berbagai hal seperti bersuci dan lain-lain. Peserta majlis selain dari masyarakat umum juga dari PNS Pemkab Kulon Progo, TNI, Polri dan peserta dari berbagai daerah.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyambut baik dan menyatakan senang dengan majlis seperti ini, karena dengan majlis seperti ini mendapat tambahan ilmu dan pencerahan yang luar biasa. Ditengah padatnya acara, Bupati Kulon Progo selain mengisi acara, juga menyempatkan diri untuk ikut mendengarkan tausiah dan doa bersama.

"Di Kulon Progo masyarakat miskin banyak. Kita kalau mau jadi orang baik saja belum cukup karena itu egois, tapi harus lakukan perbaikan. Apalagi kita sebagai pemimpin" kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Bupati juga menyampaikan Tausiyah dari Anton Bachrul Alam sangat mendorong spirit dan menguatkan hati, dan hanya percaya pada Alloh SWT yang utama dah hanya takut pada Alloh SWT. Bupati juga berpesan agar kita tidak percaya pada uang dan jangan takut ancaman manusia saat melakukan perbaikan. Perjuangan terus dilakukan, kondisi saat ini masih banyak masyarakat Kulon Progo yang belum sejahtera.

Muhamad Sulhan menyampaikan jika manusia mempunyai hubungan baik dengan Allah, maka akan semua persoalan akan Allah jadikan mudah jalan keluarnya dan mudah diselesaikan. Jika agama diamalkan dengan baik, akhlak berubah menjadi baik, keamanan juga berubah berubah lebih baik, perekonomian juga membaik.

"Karena jika hatinya baik, bisa jaga keamanan yang bukan miliknya. Jika hati sudah beriman maka rumah tangga aman, kampung aman, negara juga aman" kata Muhamad Sulhan.

Saat membahas tata cara bersuci, Muhamad Sulhan menyampaikan pentingnya masing-masing pribadi dalam menjaga diri dari najis, seperti saat akan masuk kamar mandi doa dan mendahulukan kaki kiri. Saat di kamar mandi sebaiknya saat masuk menggunakan sandal khusus kamar mandi agar kaki tidak langsung terkena najis. Kemudian cuci kaki agar kaki basah karena kalau kaki kering terkena najis maka najis meresap ke kulit. Saat akan meninggalkan kamar mandi harus di cek kebersihannya karena jika saat kita tinggalkan tidak bersih maka kita akan mendzolimi saudara kita yang akan memakai kamar mandi.

Komjen Anton Bahrul Alam SH Purnawirawan menyampaikan bahwa hidup ini singkat dan ada 4 hal yang akan membuat hidup tidak rugi keempatnya adalah : Iman, Amal Sholeh, Saling mengingatkan dalam hak/ kebenaran dan Sabar.

"4 hal itu kunci sukses di dunia dan akhirat. Tapi banyak manusia yang tertipu" kata Anton Bahrul Alam.
(at@humaskp)