Pengukuhan Tim Pelaksana Satu Data

  • 18 Januari 2018 16:42:23
  • 1130 views

 

Bupati Kukuhkan Tim Pelaksana Satu Data Daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2018, disaksikan Anggit Prasidha,SSos,MA dari Kantor Staf Presiden RI, bertempat di Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo, Kamis (18/1/2018).

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan, Data merupakah hal yang penting, karena kalau data itu tidak benar, validitasnya tidak baik, maka filosofinya, jika masuknya sampah, keluarnya juga sampah. Jika datanya sampah, maka hasilnya sampah. Ditambahkan di tim satu data, salah satu materi substansi untuk semangat belajar menyusun data adalah data kemiskinan. Diharapkan, data punya validitas tinggi, ada kebersamaan yang validitasnya diakui BPS dan OPD.

"Contoh data kemiskinan, jika informasinya salah, tindakannya ya salah, hasilnya ya salah. Kalau saya sebagai dokter, diagnosis tepat, treatmen juga tepat." Kata Bupati Kulon Progo.

Anggit Prasidha Public Policy Specialist Satu Data Indonesia menyampaikan, di Indonesia, kondisi saat ini, data tidak terstandar dan sulit dibagipakaikan. Padahal kondisi idealnya Data berkualitas dan mudah diberbagipakaikan.

Arah Kebijakan satu data Indonesia, Visi dan misi, Satu Data Indonesia sebagai pendorong pengambilan kebijakan berdasarkan data. Data pemerintah yang Akurat, Indikator utamanya Tingkat pemenuhan standar. Data pemerintah yang terbuka, indikator utamanya Tingkat aksesibilitas, tingkat ketersediaan, tingkat responsiveness. Data pemerintah yang interoperabel, indikator utamanya Tingkat interoperabilitas.

"Strateginya, Perbaikan tata kelola data, Penataan regulasi dan kelembagaan, standarisasi dan sinkronisasi data, capacity building, memastikan interoperabilitas data lintas instansi Pemerintah. Rilis dan pemanfaatan data terbuka, Publikasi data dalam format terbuka, pengembangan portal satu data indonesia, mendorong pemanfaatan data baik internal maupun publik" kata Anggit Prasidha.

Pada susunan personalia yang dikukuhkan, untuk Kelompok Pengarah adalah Pembina I dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Bupati Kulon Progo, Pembina II Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Pengarah Ir.RM.Astungkoro,MHum, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo.

Untuk Kelompok Pelaksana, Koordinator Ir.Agus Langgeng Basuki Kepala Bappeda. Pembina Data Sugeng Utomo,SH Kepala BPS Kab Kulon Progo dan Ir.Sukoco,MM Plt.Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo. Wali Data Drs.Rudiyatno,MM Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kulon Progo. Sekretariat R.Sigit Purnomo,SIP Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kulon Progo. Ditambah sejumlah pejabat dari SKPD selaku Produsen Data, dan Pengumpul Data.
(at@humaskp)