Bupati - Aisyiah Kerjasama Atasi Tuberculosis di Kulon Progo

  • 16 Januari 2018 08:06:21
  • 847 views

Didasari oleh keinginan bersama untuk saling membantu dalam rangka kerja sama dalam penanggulangan penyakit Tuberculosis (TBC) guna mencapai kesejahteraan masyarakat, Bupati Kulon Progo dan Aisyiyah menandatangani Nota Kesepahaman.

Penandatanganan dilakukan di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, Senin (15/1/2018), oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Kulon Progo Dyah Sulistyawati,MPd, disaksikan Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Hikmah Sobri, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dr.Bambang Haryatno,MKes. Kepala Bagian Kesra Arif Prastowo,SSos,MSi, PDM Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Kulon Progo.

Melalui penandatanganan ini, Bupati dan Aisyiyah sepakat untuk melakukan kerjasama melakukan perlindungan masyarakat dari penularan *Tuberculosis* (TBC) melalui peningkatan penemuan penderita, pendampingan pengobatan dan upaya pencegahan pada individu, keluarga dan masyarakat sesuai dengan fungsi dan tugas serta wewenang masing-masing.

Para pihak sepakat bahwa terkait hal-hal yang menyangkut tindak lanjut Nota Kesepahaman ini diatur tersendiri dalam bentuk perjanjian kerja sama yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepahaman ini. Nota Kesepahaman berlaku untuk jangka waktu 2 (dua) tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak sesuai hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan.

Bupati Kulon Progo menyampaikan terima kasih dengan penandatanganan ini, dalam pelaksanaannya dilapangan akan disesuaikan antara protap dari global fund dengan SOP puskesmas dan dikolaborasikan melalui perjanjian kerja sama.

"Terima kasih telah membantu pekerjaan kami. Kita luruskan niat, sempurnakan ihtiar, minimalisir gesekan. Kita berlomba dalam kebaikan dan kesabaran. Program Tb tidak ringan. Semoga dengan kerjasama ini memberi manfaat bagi kita semua." Kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Diyah Sulistyowati,MPd menyampaikan penandatanganan ini karena perlunya payung hukum dalam percepatan penanggulangan Tb di Kulon Progo. Aisyiah berkomitmen mempercepat penanggulangan Tb. Kegiatan ini juga dilakukan bersama forum peduli Tb, membantu Dinas Kesehatan agar Tb di Kulon Progo dapat teratasi dengan baik dan menurunkan angka Tb.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dr.Bambang Haryatno,Mkes juga menyampaikan terima kasih kepada Aisyiyah dan akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama. Pengobatan TB tahun 2017 jumlah BTA+ sebanyak 112 pasien, Sembuh 80 orang, Lengkap 45, Drop Out 3, Gagal 1, Pindah 12 dan meninggal 6 orang.

Hikmah Sobri Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah DI Yogyakarta menyampaikan, di Aisyiyah ada 11 Majelis, Majelis di bidang kesehatan sangat banyak kegiatannya, untuk membentuk keluarga berkualitas, desa yang bagus, peduli dari bawah, membantu meringankan pasien dan keluarga. Sebelumnya Aisyiyah sudah mendapat kepercayaan dari global fund bertahun-tahun, dan tahun 2018-2020 ini dipercaya lagi oleh global fund.

(at@humaskp)