Peringatan Hari Bela Negara Nasional Ke-69 di Kulon Progo

  • 19 Desember 2017 12:55:52
  • 937 views

Kulon Progo—Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Nasional Ke-69 di halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo, pada (19/12).

Upacara yang mengangkat tema “ Bekerja dan Bersatu untuk Bela Negara”  ini di hadiri oleh jajaran Kodim 0731, Polres Kulon Progo, Satuan Radar 215 Congot, Satuan Brimob, TNI/POLRI, Sipil, PNS, Mahasiswa, SLTA, SMP dan Paksi Katon.

Pemerintah menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara Nasional melalui Keppres Nomor 28 Tahun 2006. Penetapan 19 Desember sebagai Hari Bela Negara dipilih untuk mengenang peristiwa sejarah ketika tanggal 19 Desember 1948, saat Belanda melancarkan Agresi Militer ke II dengan mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. Ketika itu, Presiden RI Ir. Soekarno memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat, guna menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.  Kami mengajak seluruh rakyat untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa.

Sekarang tercatat bahwa Republik Indonesia berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat dan tidak lepas dari semangat bela negara dan seluruh kekuatan rakyat, mereka berjuang mengorbankan jiwa raga untuk membela tanah airnya dari para penjajah. Memasuki era milenium ini sudah tentu tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan segenap bangsan tidak lagi bersifat tradisional tetapi sudah bersifat multidimensional dan berada di setiap lini kehidupan. Oleh karena itu bentuk aktualisasi kecintaan terhadap tanah air atau patriotisme dan nasionalisme sudah tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita, karena bentuk dan sifat ancaman yang di hadapi pun berbeda. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Inspektur Upacara Mayor Lek Joko Dwi Maryanto, ST., M.M selaku Komandan Satuan Radar 215 TNI AU Congot saat membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo dalam upacara peringatan Hari Bela Negara 2017.