Tips Menjadikan IUD Kontrasepsi Pilihan

  • 24 Oktober 2017 10:51:37
  • 1520 views

Hasil servey menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata masih belum begitu banyak yang mengenal kontrasepsi dalam rahim (Intra Uterine Device) atau disingkat dengan IUD.
Berdasar dari survey RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2013 menunjukkan adanya kondisi PUS (Pasangan Usia Subur) yang mengetahui semua kontrasepsi jangka panjang ternyata hanya 40,2%, artinya masih tersisa 59,8% PUS belum mengetahui kontrasepsi jangka panjang.
Perlu diketahui bahwa yang termasuk kontrasepsi jangka panjang adalah salah satunya IUD, kemudian yang lainnya adalah Implant (susuk kb), vasektomi (medis operasi pria) dan tubektomi (medis operasi wanita).
Pada tahun 2017 (mulai juni 2017) dilakukan survey demografi kesehatan Indonesia (SDKI) yang hasilnya akan diketahui pada akhir tahun 2017. Terkait dengan itu diharapkan hasilnya menunjukkan adanya penurunan untuk angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) per wanita usia subur (WUS) usia 15-49 tahun. Target penurunan TFR dari angka 2,6 anak per wanita pada 2012,menjadi 2,37 anak per wanita pada 2015 dan menjadi 2,33 anak per wanita pada akhir 2017.
Upaya penurunan angka kelahiran sudah menjadi komitmen BKKBN, melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) adalah mengendalikan jumlah penduduk agar seimbang dengan rata-rata jumlah anak per wanita usia subur adalah 2,1 (target sampai dengan tahun 2025). Meningkatkan pemakaian alat/obat kontrasepsi (contraceptive prevalence rate/CPR) dan menurunkan kebutuhan ber-KB yang tidak terlayani (unmet need).
Disisi lain, pemakaian kontrasepsi IUD maupun implant saling mendominasi di wilayah tertentu, termasuk pemakaian kontrasepsi non MKJP suntik dan pil. Setiap (alat/obat) kontrasepsi selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, dan ini menjadi penting untuk diketahui semua orang (PUS) sebagai calon akseptor yang berhak memperoleh informasi yang benar tentang alat kontrasepsi yang cocok sebagai pilihan klien /wanita. .................