Penandatanganan Kerjasama Kulon Progo dan Purworejo

  • 19 September 2017 22:53:09
  • 1526 views

 

Setelah beberapa kali melakukan pembahasan terkait perkembangan
permasalahan perbatasan Kulon Progo dan Purworejo, akhirnya dapat
diselesaikan dengan penandatanganan kerjasama. Baik kerjasama antar Desa Jangkaran Kecamatan Temon dengan Desa Jogoboyo Kecamatan Purwodadi dan Desa Karanganyar Kecamatan Purwodadi, maupun Pembentukan Badan Kerjasama Antar Daerah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworeo yang dinamakan BKAD Progo Rejo.

Dengan BKAD Progo Rejo ini mempunyai tugas antara lain menyelenggarakan kegiatan koordinasi kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupate Purworejo, Menyusun rencana program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Purworejo, Memfasilitasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah berdasarkan Kesepakatan Rencana Kerjasama, Memfasilitasi kegiatan kerjasama dengan pihak lain, Memfasilitasi penyelesaian permasalahan yang timbul antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Purworejo, Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan kerjasama. Guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas BKAD Progo Rejo, Ketua BKAD Progo Rejo membentuk Sekretariat Badan Kerjasama Antar Daerah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo (Sekretariat BKAD PROGO REJO).

Selain penandatanganan antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Purworejo, dan penandatanganan perjanjian kerjasama antar Desa Jangkaran dengan Desa Jogoboyo dan Purwodadi, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Desa Jangkaran dengan Kelompok Pengelola Obyek Wisata Mangrove Maju Lestari, Pasir Kadilangu, Jembatan Api-Api dan Wanatirta, tentang pengelolaan obyek wisata hutan mangrove di Desa Jangkaran Kecamatan Temon.

Seusai dilakukan penandatanganan yang dilakukan di Jangkaran, Selasa
(19/9/2017) ini Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K)
menyampaikan, kegiatan ini menindaklanjuti apa yang beberapa waktu lalu
silaturahmi ke Purworejo, kemudian disarankan untuk merintis perjanjian
kerjasama, ada 4 (empat) kelompok wisata yang selama ini ada beda pendapat, kita bersyukur dari 4 kelompok ini sudah ada pertemuan secara rutin, dan hari ini mereka bisa mengiyakan, menerima antar desa.

"Perjanjian Kerja Sama (PKS) khususnya dalam pengelolaan pariwisata,
setelah penandatanganan ini akan ada sekber (sekretariat bersama) antar
Desa Karanganyar, Jogoboyo, Jangkaran, yang akan mengawasi masalah PKS" kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Sedangkan Bupati Purworejo, H.Agus Bastian,SE,MM menyampaikan kesepakatan antara Kabupaten Purworejo dan Kulon Progo terkait perbatasan wilayah ini dan menyampaikan semua ini soal berbagi itu indah.
"Ya setelah ada kesepakatan, dan mereka semua saat ini sudah menerima
permasalahan sebelumnya. Kami sebagai pemerintah, pemangku kepentingan daerah baik Purworejo maupun Kulon Progo bersepakat sebaik-baiknya. Bentuk komunikasinya nantinya akan ada Progo Rejo, bentuknya adalah Sekber yang mana fasilitasi semua permasalahan yang terjadi di perbatasan" kata H.AguspBastian,SE,MM