Bupati Launching Profesor Goes To School

  • 15 September 2017 14:01:14
  • 1150 views

Bupati Kulon Progo Launching Program *Profesor Goes To School* Tahun 2017 di Kulon Progo. Launching yang dilakukan oleh dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) ini dilakukan di Aula Adikarto Pemkab Kulon Progo, Jumat (15/9/2017).

Dalam acara ini hadir Prof. Dr. Ir. Suratman Worosuprojo, MSc. Selaku pengantar acara. Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan materi tentang Pengembangan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan ekonomi masyarakat. Adapun narasumber antara lain Prof. Ir. Danang Parikesit, MEng, PhD. mengangkat tema Konektivitas Infrastruktur & Pengembangan Wilayah. Prof.Mudrajad Kuncoro, PhD. dengan tema Big-Push Model untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Prof.Dr.Buchori,MPd (Dewan Pendidikan DIY). Dengan moderator Hari Dendi.

Acara ini juga dihadiri oleh 250 (dua ratus lima puluh) peserta dari Kepala Sekolah, Guru SMA, SMK, Guru SMP, MTs, Pengawas Sekolah SMP, Diknas, Balai Dikmen Kabupaten Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo menyampaikan tentang pembangunan bandara dan ekonomi masyarakat, tentang bagaimana agar rakyat tidak hanya jadi penonton. Tentang bagaimana kemitraan rakyat, pengusaha/ investor, kemudian rakyat tidak hanya jadi penonton.

"Kami perlu bimbingan para profesor bahwa bapak ibu guru punya peran yang sangat besar untuk mengantar siswa kita itu menjadi kompeten. Cuma kami ingatkan cita-citanya jangan hanya kompeten, tapi profesien" kata Hasto Wardoyo.

Harapannya dengan kerjasama profesor dan guru ini mengantarkan bapak ibu guru dapat tingkatkan tidak hanya kepada kompeten, tapi profesien. Karena dengan profesien itu sangat efisien.

"Di Kulon Progo sudah menyicil *roadmap*-nya, kemudian para profesor yang memberikan dorongan yang luar biasa" kata Dokter Hasto.

Penyelenggaraan kegiatan Profesor Goes To Campus ini dalam rangka Kerjasama Universitas Gadjah Mada, DISDIKPORA DIY dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo, bersama Dewan Pendidikan DIY.

Dengan tujuan, memperluas wawasan para Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Penyadaran Pendidik kepada Peserta Didik melalui internalisasi dalam setiap mata ajar. Membangun kesamaan visi diantara para pemangku kepentingan, terutama transformasi nilai-nilai budaya kepada Peserta Didik sebagai generasi kepemimpinan bangsa masa depan.

Prof. Dr. Ir. Suratman Worosuprojo, MSc. menyampaikan, Guru merupakan pahlawan pembangunan insan cendekia. Guru sebagai sumber inspirasi, inovasi, keteladanan. Prof.Suratman menyampaikan *Pepeling poro leluhur* "*Ngelmu iku tekene panguripan*". *Ngelmu ora duweni mungsuh kajaba kacublukan*. Melalui *profesor goes to school* ini mengembangkan *joyful learning* bagi siswa berbasis *experimental*, *discovery learning*.

"Yang tidak bisa mengambil ilmu dia akan cubluk" Prof.Suratman.

(at@humaskp)