National Cheng Kung University – UGM – Pemkab Kulon Progo Bahas Kerjasama

  • 31 Agustus 2017 21:10:55
  • 1110 views

National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta - dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo lakukan pertemuan kedua menindaklanjuti inisiasi kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM dan NCKU di Jakarta beberapa bulan yang lalu.

Pertemuan yang dipimpin oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) ini, dilaksanakan di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, Kamis (31/8/2017). Dari NCKU College of Planning and Design Taiwan, hadir Prof.Fong-Gong Wu (Dean), Prof.Chao-Chih Yo (Vice Dean), Prof.Shiann-Far Kung (Cice Dean), Prof.Kwang-Tyng (Chair), Prof.Hsueh-Sheng Chang (Chair), Prof.Shyhnan Liou (Chair) dan Dr.Ottavia Huang (Research Fellow).

Sedangkan dari UGM Yogyakarta dipimpin Dr.Erwan Agus Purwanto,MSi (Dean of Fisipol UGM) beserta Prof.Dr.Agus Pramusinto (Head, Department of Public Poticy and Management Fisipol (UGM), dan Dr.Nurhadi Susanto,SH,MHum (cand.)(Staff, Master in Public Administration Fisipol UGM).

Seusai pertemuan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr.Erwan Agus Purwanto,MSi menjelaskan, pertemuan ini merupakan kelanjutan dari diskusi, upaya kerjasama 3 (tiga) pihak antara perguruan Tinggi dan pemerintah daerah dan sektor usaha yang tujuannya mensinergikan upaya itu untuk mendorong pembangunan daerah terutama pembangunan Kabupaten Kulon Progo, yang akan memiliki bandara baru, sehingga nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. 

"Dengan demikian masyarakat di Kulon Progo akan menikmati pembangunan bandara yang akan sudah dimulai saat ini. Hasil pertemuan tadi dicapai sebuah kesepakatan, bahwa ketiga belah pihak, antara Taiwan (NCKU), UGM dan Pemkab Kulon Progo untuk segera membuat MoU, sehingga akan bisa segera dilakukan langkah-langkah konkrit terutama untuk melakukan studi, mengidentifikasi apa saja hal yang penting untuk dikerjakan untuk mengantisipasi pembangunan bandara baru di Kulon Progo" kata Dr.Erwan Agus Purwanto,MSi.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) berharap ada follow up program yang sudah dibicarakan sebelumnya, beberapa hal pokok yang bisa dikerjasamakan, seperti Pembangunan SDM, pembangunan daerah kolaborasi bidang, GIS, aerotropolis, infrastruktur, manufakturing berbasis teknologi.

Tahapan yang dilakukan adalah mencari partner dalam mengumpulkan data wilayah melalui GIS, membuat center dan mengidentifikasi kebutuhan.

Seusai pertemuan, Bupati menyampaikan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti, antara lain, terkait planning lokal infrastruktur sekitar bandara, industri yang memberdayakan masyarakat, heritage development, pemberdayakan UKM dan koperasi ikut ekonomi kreatif didukung teknologi modern, SDM, training, pendidikan.

Prof.Fong-Gong Wu menyatakan senang, ini pertama ke Indonesia. berharap bisa kerjasama multidisiplin dalam pembangunan komunitas, kolaborasi dalam multidisiplin. Saat ini banyak investor pindahkan usaha dari Cina ke Vietnam, Burma, dan Indonesia. Perlu membuat planing dan desain, potensi apa, resiko apa, apa yang ditawarkan digodok bersama, hasilnya ditawarkan ke investor.

(at@humaskp)