Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-56 DIY dan Karnaval

  • 28 Agustus 2017 12:55:49
  • 1304 views

Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-56 DIY Tahun 2017 yang dipimpin oleh Wakil Gubernur DIY selaku Pembina Apel Besar berlangsung meriah. Dalam kesempatan ini, selain dilaksanakan upacara juga dilakukan Penganugerahan Tanda Penghargaan Melati, Tanda Penghargaan Darma Bhakti dan Tanda Penghargaan Karya Bakti dan dipentaskan kesenian dan aeromodeling.

Wakil Gubernur DIY menyampaikan Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, dengan sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Pada saat ini, gerakan pramuka sangat baik dalam pembentukan "human character building" (pembentukan karakter manusia) melalui berbagai jenis latihan dan keterampilan yang diselenggarakan.

Hal ini terbukti mampu menciptakan insan yang mandiri dan bertanggung jawab, dalam upaya untuk membangun akhlak anak bangsa yang baik, berbudi pekerti, berpikir positif, tangguh, percaya diri, disiplin, inovatif dan setiakawanan.

"Jadikanlah kepramukaan sebagai tempat belajar berorganisasi, bergotong royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antar sesama. Dan jadikan gerakan kepramukaan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak kita, dalam mencapai cita-cita dan keberhasilan di masa depan" kata Wakil Gubernur DIY, Sabtu (26/8) di Alun-alun Wates.

Selesai Apel, dilaksanakan pembacaan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr.Adhyaksa Dault,SH,MSi tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati, Lencana Darmabakti, dan Lencana Karya Bakti kepada beberapa penerima di DIY. Yang penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY yang didampingi GKR Mangkubumi dan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati sebagai pernyataan Penghargaan Gerakan Pramuka atas jasanya yang sangat besar artinya bagi pembinaan dan perkembangan Gerakan Pramuka. Tanda Penghargaan Lencana Darmabakti sebagai pernyataan penghargaan Gerakan Pramuka atas jasanya yang besar artinya bagi pembinaan dan perkembangan Gerakan Pramuka. Dan Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Karya Bakti sebagai pernyataan penghargaan Gerakan Pramuka atas jasanya yang cukup besar artinya bagi masyarakat dan perkembangan Gerakan Pramuka.

Seusai Apel Besar, Wakil Gubernur DIY melepas start peserta Karnaval dalam rangka Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI yang pertama melewati panggung kehormatan di Alun-alun Wates. Berbagai kreasi dan atraksi peserta dari masyarakat Kulon Progo disambut meriah oleh warga di sepanjang perjalanan.

Adapun rute karnaval, dimulai dari Lapangan Pengasih - Depan Kantor
Kecamatan Pengasih - Jl. Purbowinoto - Jl. Kawijo - Pertigaan Dayakan - Pertigaan Serut - Jl. Bhayangkara -Alun-alun Wates - Dinas Kesehatan - Jl. Perwakilan -Teteg KA Timur - Driyan - Kantor Pos - Finish Gedung Kesenian.(at@humaskp)