Rumah Pintar Pemilu KPU Kab Kulon Progo Diresmikan

  • 24 Agustus 2017 15:05:08
  • 1224 views

Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di KPU Kabupaten Kulon Progo diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan,SIP,MA dengan pembukaan selubung papan nama dilanjutkan pengguntingan buntal oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), di RPP, Kamis (24/8/2017).

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo Muh Isnaini,STP yang sepakat untuk melakukan kerjasama dalam bidang pelaksanaan pendidikan pemilih, pengelolaan dokumen dan arsip kepemiluan, pengelolaan data pemilih, dan pengelolaan keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Kabupaten Kulon Progo, sesuai dengan tugas dan fungsi serta wewenang masing-masing.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo Muh Isnaini,STP juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Plt.Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo Dra.Henry Tatik Widayati dan penandatanganan perjanjian kerjasama antara KPU Kabupaten Kulon Progo dengan Rektor IKIP PGRI Wates Dr. M. Jumarin, MPd.

Acara peresmian yang juga dihadiri oleh berbagai OPD terkait ini juga dihadiri oleh mahasiswa dan perwakilan pelajar di Wates, dan diisi dengan hiburan pantomin dan tarian. Ditanya terkait peresmian RPP ini, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan Pemerintah Daerah sangat mendukung diresmikan RPP di KPU Kulon Progo ini, karena banyak pendidikan politik para pemilih ini yang masih harus selalu ditingkatkan.

"Kulon Progo sudah termasuk tinggi karena partisipasinya 79,2 % pada Pilkada kemarin. Saya berharap angka ini bisa dipertahankan minimal, syukur bila bisa ditingkatkan. Kemudian di Pileg di 2019, saya kira sangat kompleks. Karena disana akan ada pilihan legislatif, ada pilihan DPD, kemudian ada pilihan Presiden" kata Hasto Wardoyo.

Sehingga tanpa adanya rumah pintar, yang kemudian untuk mensimulasikan tentang pileg yang akan datang ini, Hasto Wardoyo menyatakan kemungkinan pendidikan tentang pemilu juga akan kekurangan media. Oleh karena itu beliau berharap sekali melalui RPP ini, ditunjang media
massa, bisa mensiarkan kepada masyarakat, untuk kemudian bisa belajar.

"Saya juga menyambut baik karena hari ini juga di MoU, dengan jajaran SLTA, dan juga perguruan tinggi. Karena pemilih pemula banyak sekali disana. Namun demikian kami juga berharap KPU bisa tidak hanya memperhatikan pemilih baru, tetapi orang orang tua dan juga difabel." Tambah Hasto Wardoyo. Jadi harapan saya rumah pintar pemilu ini bisa untuk melatih orang tua dan difabel juga bisa ikut merasakan pembelajaran di RPP. KPU

Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo Muh Isnaini menjelaskan, RPP merupakan program nasional, yang didirikan dengan tujuan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, terkait dengan nilai nilai demokrasi dan kepemiluan.

"Jadi dengan adanya RPP ini, kami berharap proses penyampaian pemahaman terhadap nilai nilai demokrasi dan kepemiluan bisa lebih masif dan kita laksanakan lebih baik. Artinya dengan RPP ini kami Terbuka untuk siapa pun hadir di KPU untuk datang ke RPP, untuk mengetahui tentang sejarah pemilu, tentang hasil hasil pemilu, tentang apapun berkait dengan pemilu dan demokrasi, karena di RPP ini ada tempat simulasinya, ada dokumen-dokumentasinya" jelas Muh Isnaini.

Terkait target yang dicapai, Muh Isnaini menyampaikan targetnya jangka panjang, semakin lama kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya lebih baik. Sebagai pemilih menjadi pemilih yang semakin cerdas, selain menggunakan hak pilihnya juga mengkritisi siapa yang pilih, sehingga menghasilkan wakil-wakil sesuai dengan yang diharapkan.
(at@humaskp)