Kemenaker-pemkab Kulon Progo Bersinergi Siapkan SDM Bandara

  • 23 Agustus 2017 15:39:00
  • 1142 views

Siapkan SDM terkait Bandara, Kementerian Ketenagakerjaan RI bersama Pemkab
Kulon Progo bersinergi bahas ketenagakerjaan. Berbagai masalah terkait penyiapan SDM terkait bandara dibahas, dan saling sharing informasi, menyatukan langkah dan bersinergi dalam rangka penyiapan SDM terampil dalam rangka membangun bandara dan juga mengoperasionalkan bandara.

Dari Kementerian Ketenagakerjaan RI hadir Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Bambang Satrio Lelono, yang didampingi Direktur Stankom Sukiyo, Direktur Lemlat Dudung. Dari Pemkab Kulon Progo Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) yang didampingi Asda I Arif Sudarmanto,SH, Ka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Eko Wisnu Wardhana,SE, Kabag Rumah Tangga Drs.L.Bowo Pristiyanto, dari Bappeda dan SKPD terkait.

Seusai pertemuan dengan Bupati, Bambang Satrio Lelono menyampaikan, di Kulon Progo yang akan dibangun Bandara Internasional, tentunya membutuhkan tenaga-tenaga yang cukup banyak. Dari Kementerian Ketenagakerjaan yang bertanggungjawab terhadap SDM, berusaha mensinergikan dengan kebutuhan Kulon Progo dalam rangka penyiapan SDM-SDM terampil yang nantinya akan bekerja di Bandara Internasional di Kulon Progo.

"Kami dengan Pak Bupati sudah bicara, kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja apa yang dibutuhkan dalam rangka untuk membangun bandara dan juga mengoperasional bandara. Kita menyiapkan, pelatihan-pelatihan untuk mendapatkan tenaga kerja terampil yang nanti dibutuhkan di bandara tersebut" kata Bambang Satrio Lelono.

Disampaikan juga, salah satu yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 yaitu melatih tenaga-tenaga di aviasi, juga tenaga-tenaga suporting yang akan bekerja di bandara, dibidang manufaktur, dibidang las, kelistrikan dan lain-lainnya, dan juga langsung yang dibidang aviasi, seperti security aviasi, ticketing.

Seusai pertemuan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana,SE, juga menegaskan pertemuan Kementerian Ketenagakerjaan bersama-sama dengan Bupati dalam rangka untuk menyongsong operasional Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) bekerjasama dalam penyiapan SDM.

Disampaikan penyiapan SDM yang dilakukan di Kulon Progo ada 2 (dua) Versi. Pertama, yang reguler yang selama ini sudah dilakukan. Yang kedua, non reguler terkait kebandaraan.

"Membuka peluang bantuan pelatihan ini, yang non reguler, tentang kebandaraan. Sehingga akan disuport juga oleh Kemenaker tentang pelatihan-pelatihan yang kebandaraan. Baik itu dari pembiayaannya maupun peralatan yang kita dibutuhkan. Sehingga yang selama ini pelatihan reguler, kita akan buka pelatihan yang non reguler, dan bekerja sama dengan institusi-institusi yang bisa mengakses sampai ke keluarnya licensi." Kata Eko Wisnu Wardhana,SE., Rabu, (23/8) di Eastparc Yogyakarta.

Eko Wisnu Wardhana juga menjelaskan segera akan upgrade pelatihan yang ada di BLK sesuai kemampuan, agar sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh beroperasinya suatu bandara. Sehingga pelatihan-pelatihan ini diharap menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di bandara. Tahun 2019 warga kita sudah bisa menyesuaikan dan mencukupi kebutuhan yang ada di bandara. Adapun pelatihan yang di usulkan melalui APBN 2018 antara lain, Airlines Staff, Ticketing & Reservation, Aviation Security, Ground Staff, Cargo Staff.

(at@humaskp)