Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017

  • 16 Agustus 2017 11:13:41
  • 1996 views

Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017 yang dilaksanakan di Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo, Selasa (15/8/2017) dan dipimpin oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) berlangsung khidmad.

Upacara pengukuhan ditandai dengan penciuman Sang Merah Putih oleh Paskibraka, dilanjutkan Penyematan Lencana Merah Putih dan pemasangan Kendhit oleh Bupati, Forkopimda dan Sekda kepada Paskibraka, yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pembacaan pengantar pengukuhan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Sumarsana,MSi.

Seusai upacara, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) selaku inspektur upacara menyampaikan, menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada momen Upacara Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus, bukan perkara yang mudah, karena perlu latihan dan disiplin yang tinggi serta yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi kesehatan yang selalu terjaga. Untuk itu Hasto Wardoyo berharap dapat dijalani dengan baik.

"Kami berharap tugas yang diamanahkan kepada saudara sekalian agar dijalani dengan baik, karena sesulit apapun pengalaman yang akan anda jalani pasti akan bermakna dan terkesan sepanjang masa" kata Bupati.

Kepada Paskibraka, Bupati juga menyampaikan tugas yang diemban ini belum seberapa bila dibandingkan dengan perjuangan dan pengorbanan para pendahulu, pejuang, tokoh-tokoh bangsa dan para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara Indonesia.

Mendapat amanah untuk tugas pengibaran bendera merupakan simbolisasi eksistensi negara. Agar bendera berkibar, juga memerlukan perjuangan panjang dan pengorbanan yang tak terperi. Banyak korban jiwa, harta dan benda serta waktu lama ketika para pahlawan berjuang agar Sang Merah Putih bisa berkibar dan terus berkibar, hingga sekarang usia negara mencapai 72 Tahun.

(at@humaskp)