Qurban Fest di Jatimulyo

  • 10 Agustus 2017 13:54:07
  • 1031 views

Dusun Beteng Jatimulyo dipilih jadi lokasi Qurban Fest (Qurban Festival)yang rencanannya akan diselenggarakan pada Sabtu (2/9/2017) sehari sesudah Sholat Idul Adha yang akan dilaksanakan oleh DPU DT (Dompet Peduli Umat Darut Tauhid).

Melalui Qurban Fest ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara pelaksanaan qurban yang sesuai syariat Islam dan menjalin silaturahmi.

Diawali edukasi tata cara penyembelihan hewan qurban, juga edukasi tentang penanganan daging yang bersih, dan peralatannya.

"Penanganan daging yang bersih. Layaknya di Supermarket" kata Muhjaidi dari DPUDT bersama beberapa rekan, saat audiensi open house dengan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) di Rumah Dinas Bupati, Wates, Kamis (10/8/2017).

Dalam Qurban Fest tersebut juga akan dikumpulkan sekitar 1.500 penerima manfaat daging qurban, dari beberapa pedukuhan sekitar beteng.

Disampaikan sebelumnya dari DPUDT juga sudah memfasilitasi warga dalam pengadaan air bersih di beberapa lokasi dan saat ini masih dapat digunakan meskipun sebagian lokasi debit berkurang sehingga menggunakan air bersih dengan cara bergiliran.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) didampingi Wakil Bupati Kulon progo Drs.H.Sutedjo menyambut baik program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyampaikan terimakasih" kata Hasto Wardoyo.

Dokter Hasto menyatakan bersukyur dan senang sekali karena sudah dibantu air bersih dan akan mendukung dilaksanakannya Qurban Fest.

"Alhamdulillah. Kami senang sekali" tambah Dokter Hasto.

Dokter Hasto menyampaikan, membangun sarana dalam menyediakan air , sama pahalanya dengan membangun masjid dan jalan. Apalagi air selain digunakan untuk wudhu masyarakat yang akan beribadah juga diguanakan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kami dukung qurban fest. Mari berlomba-lomba dalam kebaikan" ajak Dokter Hasto.

Bupati juga mendukung dalam menyempurnakan ikhtiar dalam berqurban, baik dari sisi syariat dan ilmu kesehatan saling melengkapi, meskipun hakikatnya semuanya Ilmu Alloh.

Staf Ahli Bupati RR.Endang Purwaningrum TL yang ikut mendampingi Bupati saat open house juga menyampaikan mendukung Qurban Fest, dan panitia diminta tetap selalu berkoordinasi dengan petugas Poskeswan. Masyarakat di Kulon Progo sebagian memang masih perlu edukasi, karena sebagian masih ada yang menggunakan plastik berwarna hitam untuk tempat daging, mencuci jeroan masih di sungai.

(at@humas)