Rutan dan Polres Lakukan MoU

  • 07 Juni 2017 11:08:01
  • 1334 views

WATES, Guna menjaga keamanan, ketertiban dan pembinaan SDM di lingkungan Rutan maupun di luar Rutan, POLRES Kabupaten Kulon Progo dan RUTAN kelas II B Wates menjalin kerjasama, yang ditandai dengan penandatangan MOU pada acara Pengajian dan Buka Puasa Bersama Warga Binaan Pemasyarakatan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Wates, pada Selasa Sore (6/6).

Menurut Kepala RUTAN kelas II B Wates, Soleh Joko Sutopo, kerjasama ini sebenarnya selama ini sudah dilaksanakan tetapi secara resmi atau legalitas hukum, belum dituangkan dalam Naskah MOU.

"Oleh karena itu, pada momen Pengajian dan Buka Puasa Bersama dengan Warga Binaan Pemasyarakatan di Bulan Suci Ramadhan 1438 H ini, kami lakukan penandatanganan MOU dengan POLRES Kulon Progo yang langsung disaksikan Plt. Ka. Kanwil Hukum dan HAM DIY, Ernata Negara" Jelas Soleh Joko Sutopo

Plt. Kanwil Hukum dan HAM DIY, Ernata Negara, usai menyaksikan Penandatangan MOU, dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini dinilai sudah seirng dan sejalan antara Rutan dan Polres dalam upaya sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban untuk mewujudkan Kulon Progo yang aman, damai dan sejahtera.

"Kerjasama seperti ini juga sudah kami lakukan antara Kanwil Hukum dan HAM dengan POLDA DIY, dengan maksud dan tujuan yang sama khususnya untuk Wilayah Yogyakarta secara luas.

Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo yang menghadiri acara ini, dalam sambutannya, menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sangat mengapresiasi dan mendukung kerjasama ini, tentunya dalam rangka untuk mewujudkan Kulon Progo yang aman dan kondusif, sehingga warga masyarakat dapat hidup dengan tenang dan damai.

Pada momen Buka Puasa di Bulan Suci Ramadhan ini, Sutedjo juga berpesan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan RUTAN kelas II B Wates, bahwa berada di dalam Rutan ini bukanlah pilihan, namun lebih kepada unsur kekhilafan atau ketidaksengajaan yang dilakukan oleh saudara-saudara Warga Binaan.

"Kami yakin bahwa cita-cita dari saudara-saudara kita ini ingin menyongsong masa depan yang lebih baik, sama dengan apa yang kita cita-citakan juga. Dengan semangat dan keikhlasan untuk menjalankan kehidupan ini dengan benar, Insya Allah kita akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Untuk itu kami berharap marilah apa yang telah terjadi kita jadikan introspeksi diri untuk menatap kehidupan yang lebih baik." Ujar Sutedjo.

Pada kesempatan ini, Kepala Rutan Kelas II B Wates juga menyampaikan, bahwa RUTAN ini sekarang dihuni oleh 65 orang Warga Binaan, 37 orang diantaranya adalah warga Kulon Progo.

Dijelaskan Kepala Rutan kelas II B Wates, Soleh Joko Sutopo, Kegiatan yang dilakukan di dalam Rutan merupakan usaha produktif berupa budidaya Tanaman Cabai dan budidaya Ikan Gurami serta kegiatan produktif lainnya. (HUMAS
KP)