PN Wates Canangkan Pembangunan Zona Integritas

  • 26 Mei 2017 08:43:23
  • 1740 views

 

Bupati Kulon Progo saksikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Wates Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani.

Pencanangan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Wates Sri Harsiwi, SH, MH., Rabu (24/5/2017), dengan saksi I Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), beserta Fokopimda.Hadir pula Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Yogyakarta, dan tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembacaan Pakta Integritas oleh pejabat dan pegawai PN Wates, yang menyatakan:

1) Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

2) Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3) Bersikap transparan, jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.

4) Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas.

5) Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang - undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan yang berada dibawah pengawasannya dan sesama pegawai di lingkungan kerja secara konsisten.

6) Akan menyampaikan informasi penyumpangan integritas di Pengadilan Negeri Wates serta turut menjaga kerahasiaan saksi, atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya.

7) Bila melanggar hal-hal tersebut siap menghadapi konsekuensinya.

Pencanangan Zona Integritas tersebut dilaksanakan sekaligus syukuran Peningkatan Kelas menjadi Pengadilan Negeri Wates Kelas I B dan Peresmian Gedung Baru Pengadilan Negeri Wates Kabupaten Kulon Progo yang berada di Jalan KH.Ahmad Dahlan No.16 Wates Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Wates Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani ini ikut mendukung visi Kabupaten Kulon Progo menjadi kabupaten yang sehat, mandiri, damai, tentram dan sejahtera berbasis budaya dan berlandaskan kepada iman dan taqwa.

Dokter Hasto juga menyampaikan terimakasih kepada Pengadilan Negeri Wates yang telah bahu membahu bersama pemerintah daerah untuk menciptakan keadilan ditengah masyarakat.

"Selamat kepada Pengadilan Negeri Wates, yang telah memiliki gedung baru, semoga dapat digunakan secara maksimal. Hal ini merupakan sesuatu yang baik karena dengan adanya gedung baru tentunya kita dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan rasa nyaman dan semangat untuk terus menegakkan keadilan demi kehidupan masyarakat yang baik pula" kata dokter Hasto.

Ketua Pengadilan Negeri Wates Sri Harsiwi, SH, MH., menyampaikan, seiring tuntutan zaman, Pengadilan Negeri Wates dituntut untuk dapat menunjukkan kemampuannya untuk mewujudkan instansi yang profesional, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Reformasi birokrasi menjadi langkah yang diambil Pengadilan Negeri Wates dalam melakukan penataan sistem untuk mencapai peningkatan kapasitas dan akuntabilitas, bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta peningkatan pelayanan publik.

"Untuk itu, Zona Integritas sangat perlu kami canangkan sebagai bentuk komitmen kami untuk mewujudkan WBK dan WBBM. Wilayah Bebas dari Korupsi diwujudkan ketika sebuah instansi dapat memenuhi manajemen perubahan, penataan tatalaksanan, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja, sementara itu Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani sangat ditentukan oleh pelaksanaan pelayanan publik" kata Sri Harsiwi, SH,MH.
(at@humaskp)