Wakil Bupati Tutup BBGRM di Temon

  • 26 Mei 2017 08:32:02
  • 1204 views

Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-45 se Kabupaten Kulon Progo resmi ditutup di Kalidengan Temon, Rabu (24/5).

BBGRM dan HKG yang dilaksanakan di 12 (dua belas) kecamatan di Kulon Progo, dibuka di Desa Pendoworejo Girimulyo pada 3 Mei 2017 dan ditutup pelaksanaannya di Desa Kalidengen Temon pada Rabu 24 Mei 2017.

Hadir dalam penutupan BBGRM dan HKG ini Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo Dra.Sri Utami,MHum , para Kepala OPD, Muspika Temon, Kades Kalidengan dan masyarakat undangan.

Dra.Sri Utami,MHum menyampaikan BBGRM dan HKG ini merupakan kunjungan kerja Bupati yang disertai OPD dan sangat bermanfaat baik bagi Pemkab maupun masyarakat Kulon Progo. Hal ini karena Bupati beserta OPD dapat melihat secara langsung kondisi masyarakat, dan menerima masukan terkait permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Masyarakat juga bisa mengambil manfaatnya, karena dapat menyampaikan aspiranya langsung kepada pimpinan di kabupaten, masyarakat dapat termotivasi semangat kerja dan gotong royongnya, serta masyarakat dapat menyuguhkan hasil kerja dan hasil kreativitasnya, termasuk produk lokalnya di wilayah masing-masing.

"Dalam kunjungan ini sekaligus lomba LPMD, koor, PKK sehingga menjadi lebih semarak" kata Dra.Sri Utami, MHum. Rabu (24/5/2017).

Dra.Sri Utami, MHum menambahkan, swadaya masyarakat tahun ini sebesar Rp.
31.683.470.275,- (Tiga puluh satu miliar enam ratus delapan puluh tiga juta empat ratus tujuh puluh ribu dua ratus tujuh puluh lima rupiah),
dibandingkan dengan tahun lalu meningkat sebesar 7,5 persen, dan ini sangat membanggakan.

Dalam Kunjungan di Temon ini, Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan setelah menyaksikan berbagai pembangunan yang dilaksanakan dan melihat kegiatan gotong royong masyarakat salah satu gotong royong pembangunan Bedah Rumah milik Bapak Dwi Winarto Pedukuhan Kalidengen I Desa Kalidengan Temon, dengan volume panjang 6 m, lebar 6 m, Sumber dana Bascam dan UPK Temon serta swadaya masyarakat, Bazcam/ UPK Temon Rp. 10 juta, Dana Pribadi Rp. 6 juta, Swadaya masyarakat Rp. 5,122 juta.

Drs.H.Sutedjo menyampaikan Gotong royong merupakan warisan leluhur adiluhung untuk menciptakan suasana hidup yang harmonis, damai dan tentram. Lebih lanjut, gotong royong jangan hanya dipandang dari aspek ekonomi saja, tetapi secara komprehensif tentunya harus dimaknai sebagi upaya untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

"Kami merasa bangga dan bersyukur bahwa kegiatan BBGRM dan HKG PKK pada tahun ini berjalan dengan baik dan lancar." Kata Drs.H.Sutedjo.

Wabup juga bangga karena dalam pelaksanaan BBGRM dan HKG PKK ini juga mempertahankan spirit Bela Beli Kulon Progo dalam pelaksanaannya.

Saat penutupan BBRM dan HKG PKK di desa Kalidengen ditampilkan beberapa kegiatan ekonomi masyarakat, tari kreasi masyarakat, dan penyerahan beberapa bantuan, antara lain pemberian bantuan sosial lanjut usia miskin dari Dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Kulon Progo sebesar Rp. 3,6 juta kepada Bapak Ali Pratomo/ Tugino warga Kalidengan, bantuan kelompok tani Kartika Tani I Kalidengen, Kelompok tani Akur Plumbon.

Juga penyerahan hadiah untuk lomba desa, Juara I Desa Sendangsari Pengasih, Juara II Desa Sidoharjo Samigaluh, Juara III Desa Triharjo Wates.
(at@humaskp)