Dr. Hasto - Drs.sutedjo Resmi Dilantik Jadi Bupati-wakil Bupati Kulon Progo

  • 23 Mei 2017 15:42:03
  • 2663 views

dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan Drs.H.Sutedjo resmi dilantik sebagai Bupati - Wakil Bupati Kulon Progo periode 2017-2022. Pelantikan yang dilaksanakan di Kepatihan Pemda DIY, Senin (22/5/2017) ini dilakukan oleh Gubernur DIY Hamengku Buwono X atas nama Presiden Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut sekaligus juga dilakukan pelantikan Walikota-Wakil Walikota Yogyakarta masa jabatan 2017-2022.

Seusai pelantikan Bupati-Wakil Bupati Kulon Progo bersama Walikota-Walikota Yogyakarta sekaligus melakukan pengambilan sumpah serta melakukan ikrar dan penandatanganan Pakta Integritas.

Gubernur DIY menyampaikan, atas nama Menteri Dalam Negeri menyampaikan ucapan terimakasih kepada dua Penjabat Kepala Daerah, Ir.Budi Antono,MSi dan Drs.Sulistyo,SH,CN,MSi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dinyatakan absah berdasarkan Pasal 164 UU no.8 Tahun 2015 tentang Pilkada, bahwa Bupati/Walikota dilantik oleh Gubernur di Ibukota Propinsi.

"Momentum ini sekaligus bermakna, bahwa Pemerintah Kabupaten/Kota harus mengikuti visi dan Kebijakan Presiden melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah. Tambahan lagi dengan status keistimewaan DIY, secara *lex-specialis* selayaknya lebih mengukuhkan koordinasi dan sinergi kebijakannya dengan Pemda DIY. Dalam hal ini, sama sekali bukan berorientasi kekuasaan, tetapi lebih mengarah pada keterpaduan dan akumulasi program, agar pelaksanaannya memiliki daya-guna dan hasil guna yang optimal bagi kepentingan masyarakat" kata Gubernur DIY.

Seusai pelantikan Bupati - Wakil Bupati Kulon Progo, dilanjutkan serah terima jabatan dari Penjabat Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi kepada Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo. di Halaman Pemkab Kulon Progo, dan Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulon Progo, mendengarkan Pidato Bupati Kulon Progo Masa Jabatan 2017-2022. Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Kab Kulon Progo Akhid Nuryati.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan beberapa program yang akan dilakukan dalam 5 (lima) tahun mendatang. Dokter Hasto juga menyinggung dengan adanya bandara, Kulon Progo harus menjadi Kulon Progo yang baru, harus menjadi kota barunya Yogyakarta, dan harus menjadi Jogja Barat, karena ada kesan seolah-olah Kulon Progo bukan Yogya.

"Sekarang seolah-olah kesannya bukan Jogja. Kita ini kota barunya Jogja" kata dr.Hasto.

Harus ada hal yang baru dalam mesikapi bandara baru dan program-program yang baru menurut dokter Hasto adalah suatu hal keniscayaan.

Terkait Program 100 hari kerja, akan diisi minimal 100 program dari sekitar 30 SKPD, dan dokter Hasto yakin optimis bisa, sekaligus untuk pemanasan untuk menyusun RPJMD dan melaksanakan program 5 (lima) tahun kedepan.

Tentang Tenaga Kerja, dalam program 101 hari kerja ini Dinas Tenaga Kerja diminta melakukan pendataan tentang pengangungguran di Kulon Progo harus selesai pendataan. Anak-anak lulusan SMA/SMK harus terdata habis, berapa yang sekolah, berapa yang melanjutkan kerja, berapa yang masih menganggur.

"Ini PR seratus hari kerjanya Dinas Tenaga Kerja" kata dokter Hasto.

Dinas Tenaga Kerja dalam seratus haru juga harus melakukan kerjasama minimal dengan 5 (lima) perusahaan untuk menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Kulon Progo, dan terkait hal tersebut ada detailnya untuk 100 hari kerja.
(at@humaskp)