Pengurus Baznas Kulon Progo Masa Bhakti 2017 - 2022 Resmi Dilantik

  • 10 Mei 2017 08:19:02
  • 2138 views

 

WATES, Pada hari Selasa (9/5) Pengurus Baznas Kabupaten Kulon Progo untuk masa bhakti 2017-2022 resmi dilantik oleh Penjabat Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, M.Si, di Ruang Rapat Sermo. Pemkab. Kulon Progo.

Sesuai dengan Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor : 187/c/2017, bahwa Susunan dan personalia jajaran Pimpinan Baznas Kulon Progo tersebut adalah sebagai berikut : I). Ketua Drs. H.Abdul Madjid, II). Wakil Ketua I Agus Nuryanto, III). Wakil Ketua II H.Bima Orasetiya, SH, IV). Wakil Ketua III Sugiyanta, S.Pd.I, V). Wakil Ketua IV Dra. Hj. RR. Widiastuti.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua II Baznas DIY, Agus Sunarto, mengatakan, Pengurus Baznas harus dapat menjaga hubungan baik dan bersinergi dengan Pemerintah setempat sebagai mitra kerjanya.

Agus berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, agar para pengurus diberikan fasilitas untuk menunjang pekerjaannya seperti Mobil Dinas dan Kantor yang representatif agar dapat bekerja dengan maksimal.

Lebih jauh Agus menyampaikan bahwa dana yang terkumpul pada Baznas Kulon Progo setiap tahunnya mencapai lebih kurang 2 Milyar, dan harapan kedepannya bisa mencapai 10 Milyar lebih.

"Oleh karena itu, kami menghimbau kepada umat muslim di Kulon Progo untuk menyalurkan Zakatnya di Baznas Kulon Progo." Tegas Agus Sunarto.

Untuk itu, Wakil Ketua Baznas DIY ini mengharapkan kepada pengurus baru untuk bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, M.Si, dalam sambutan arahannya, mengatakan, bahwa setelah dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Akuntan Publik, Pengelolaan Zakat Infaq Shodaqoh periode 2014 - 2015 yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Kulon Progo meraih opini wajar dalam semua hal yang material.

Hal ini tentunya menunjukkan bahwa kinerja dan pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh yang dilakukan oleh BAZNAS Kulon Progo sudah bagus. Oleh karena itu pada tahun-tahun ke depan wajib untuk di pertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi.

Lebih lanjut, Budi Antonom mengatakan, adapun pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan oleh BAZNAS disalurkan kepada yang berhak yaitu 8 (delapan) asnaf, antara antara lain untuk membantu bedah rumah, pembangunan masjid, rois, yatim piatu, mualaf, ghorim.

"Beberapa instansi sudah menyetor cukup tinggi, meskipun banyak juga yang belum maksimal. Yang nominal zakatnya tiga besar antara lain dari Kemenag Kab. Kulon Progo, RSUD, dan Dinas pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran para pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk melakukan zakat, infaq dan shodaqoh sudah cukup bagus." Jelas Budi Antono.

"Dari waktu ke waktu kesadaran itu harus terus ditingkatkan, bukan untuk mencari dana lebih banyak, akan tetapi hal itu akan mengajarkan kepada para pegawai bahwa rejeki yang mereka terima adalah dari Allah SWT dan sebagian dari rejeki itu merupakan hak dari yatim piatu, janda miskin, dhuafa dan
mereka yang berhak lainnya." Pungkas Budi Antono (Humas-KP)