BBGRM Dan HKG PKK Dibuka Asda I

  • 04 Mei 2017 09:12:16
  • 1475 views

Pembukaan Bulan Bhakti gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 di kecamatan Girimulyo, dilaksanakan Rabu, (3/5/ 2017). Pembukaan oleh Pj Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Assda I Arif Sudarmanto,SH dengan melakukan pemukulan kentongan, didampingi oleh DPRD, Forkopimda, Tim PKK, Kepala OPD, Muspika, Pemerintah Desa dan masyarakat bertempat di Balai Desa Pendoworejo.

Tema BBGRM dan HKG tahun ini adalah "Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 kita daya gunakan peran Lembaga Kemasyarakatan Desa".

Camat Girimulyo Purwono,SSos menyampaikan wilayah Kecamatan Girimulyo merupakan daerah yang sebagian besar berupa dataran tinggi dan sulit dijangkau. Meski demikian memiliki etos kerja dan gotong royong yang bagus.

"Meski sulit dan angka kemiskinan cukup tinggi, namun dengan etos kerja yang tinggi dan gotong royong menjadi modal sosial yang bagus. Sehingga mampu memecahkan persoalan sosial yang ada" kata Purwono,ssos.

Girimulyo juga menyimpan ragam potensi jika dikelola optimal dapat dimanfaatkan untuk menngkatkan kesejahteraan sosial. Iklim yang sejuk, bisa dikembangkan untuk pertanian, perikanan, dan wisata. Disampaikan, dengan adanya berbagai Mega proyek di Kulon Progo, wisata unggulan insyaallah akan geser ke wilayah Utara. Kondisi di Girimulyo juga minim moda transportasi darat yang bisa dijangkau oleh masyarakat, sehingga menimbulkan masalah, anak sekolah terpaksa mengendarai sepeda motor ke sekolah.

"Kegiatan gotong royong di masyarakat juga tetap berjalan baik dengan semangat Saiyeg Saeko Proyo, Saiyeg Saeko Kapti." Tambah Purwono.

Sedangkan Ka Dinas PMD Dalduk Kabupaten Kulon Progo Dra. Sri Utami, MHum menyampaikan, dengan Bulan Bhakti Gotong Royong ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat, dan dapat mendorong integrasi sosial.

"BBGRM dan HKG PKK yang akan dilaksanakan di 12 kecamatan ini juga untuk monitoring hari kesatuan gerak PKK, Posyandu dan paduan suara" kata Dra.Sri Utami,MHum.

Penjabat Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Arif Sudarmanto, SH menyampaikan, BBGRM dan HKG PKK, meningkatkan peran aktif masyarakat berdasar semangat kekeluargaan dan nilai Gotong royong, menciptaan suasana hidup harmonis.

"Jangan hanya dilihat dari aspek ekonomi saja. Bentuk gotong royong bisa saja berubah tetapi filosofi tak akan berubah." Kata Sri Utami.

Disampaikan juga, bahwa Lembaga kemasyarakatan desa merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat desa.

Dalam pembukaan BBGRM dan HKG ini juga dilakukan penyerahan hadiah kepada

1. Juara umum lomba bidang KB di Dinas PMD Dalduk dan KB Kab Kulon Progo Tahun 2017, kepada Kecamatan Girimulyo.
2. Juara I kader IMP kepada Ari Winarno Desa Jatimulyo
3. Juara I kelompok UPPKS kepada UPPKS melati putih Desa Purwosari.
4. juara I kelompok BKR kepada BKR Satriya Desa Giripurwo
5. juara I kader BKR kepada BKR Lestari desa Giripurwo
6. Juara II kelompok KAKB kepda KAKB melati Desa Pendoworejo)
7. Juara II PIK - Masyarakat kepada kelompok kenari Giripurwo
8. Juara III kelompok BKB kepada BKB Tunas Harapan Purwosari
9. Juara III kelompok BKL kelompok Sedya raharja Jatimulyo
10. Juara III kader BKL kepada Dwi Nuryani Jatimulyo.

Dalam kesempatan tersebut, Arif Sudarmanto,SH juga melakukan kunjungan ke berbagai lokasi, antara lain di Desa Purwosari, melakukan peninjauan kegiatan bedah rumah di tempat bapak Sarimin di pedukuhan Ponces, penyerahan IMB dan IUMK, dan peresmian kolam dan penebaran bibit ikan di lokasi pokdakan Tegalsari yang memanfaatkan air yang cukup melimpah.

Seusai melakukan keliling, Arif Sudarmanto,SH menyampaikan dengan BBGRM dan HKG PKK ini dari Pemerintah Kabupaten *ngaruhke* pembangunan di Girimulyo, dan menyatakan bangga karena banyak pembangunan yang didukung oleh masyarakat. Usulan pembangunan yang diusulkan akan dibawa ke kabupaten untuk dicarikan solusi.

"Terimakasih, selama dari pagi sampai sore, masyarakat banyak berpartisipasi. BBGRM dan HKG PKK hari pertama ini, kami bangga. Dan sukses untuk Kecamatan Girimulyo" kata Arif Sudarmanto,SH.