STQ DIY Th 2017 Resmi Dibuka Wagub Paku Alam X

  • 02 Mei 2017 08:28:42
  • 1194 views

Wates, Setelah melalui berbagai proses persiapan hingga kehadiran Kafilah dari 4 Kabupaten dan satu Kota di DIY ke Kabupaten Kulon Progo, Jumat (28/4) malam, STQ ke -24 tingkat DIY tahun 2017 resmi di buka Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, di Aula Adikarta, Gedung Kaca, Pemkab. Kulon Progo.

Acara pembukaan berjalan khidmat dan meriah yang diselingi dengan hiburan Islami dari PONPES Nurul Harumain Sentolo dan Paduan Suara dari Pemkab Kulon Progo, dihadiri unsur Forkopimda , Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Ulama, Panitia dari Kabupaten Kulon Progo dan DIY serta sejumlah Peserta STQ.

Kabiro Kesra dan Kemasyarakatan Pemda DIY, Dra.Hj. Puji Astuti, M.Si, selaku Ketua Penyelenggara dalam laporannya, mengatakan, STQ tingkat DIY diikuti 110 Kafilah dari 4 Kabupaten dan 1 Kota yang akan disebar di 8 lokasi perlombaan di kota Wates dan sekitarnya, dengan 58 Dewan Juri.

Puji Astuti menambahkan, Jenis Lomba STQ pada tahun 2017 ini terdiri atas : Tilawah Dewasa, Tilawah Anak-anak, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah, Tahfidz 5 Juz dan Tilawah, Tahfidz 10 Juz (Pa/Pi), Tahfidz 20 Juz (Pa/Pi), Tahfidz 30 Juz (Pa/Pi) dan Tafsir Golongan Bahasa Arab.

Dalam sambutannnya Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antono, M.si, mengatakan,
"Sebagai tuan rumah penyelenggaraan STQ, kami merasa bangga karena kegiatan ini merupakan peristiwa bersejarah dan bermanfaat bagi Kabupaten Kulon Progo guna memotivasi masyarakat khususnya umat Islam untuk selalu mencintai dan memahami isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari."

Pada gilirannya umat Islam di Kabupaten Kulon Progo ikut merasakan makna dan arti penting kegiatan ini, sehingga tertanam rasa ingin terus membaca dan mengamalkan Al-Quran.

Budi Antono lebih lanjut menjelaskan, bahwa pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dinilai sangat penting, karena tidak hanya untuk menyiapkan bibit-bibit unggul dalam ajang kompetisi MTQ Tingkat Nasional, tetapi merupakan momentum yang baik untuk syiar Islam dalam upaya mendekatkan dan mendidik para kader serta memberi makna positif dalam segala sendi kehidupan masyarakat ke arah kehidupan yang lebih mulia.

"Hal ini sesuai dengan tema STQ pada tahun ini yaitu : Dengan STQ Kita Tingkatkan Kecintaan Pada Al Qur’an, Menuju Kehidupan Masyarakat yang lebih mulia" kata Budi Antono.

Sementara itu, Wagub DIY Paku Alam X, mewakili Gubernur DIY dalam ambutannya, menyampaikan, bahwa para peserta STQ hendaknya terus meningkatkan kemampuannya, tidak berhenti sampai di iven ini tetapi terus berkiprah dan berprestasi pada iven-iven selanjutnya pada tingkat yang lebih tinggi.

"Peserta STQ jangan bangga dan puas hanya sampai pada STQ kali ini, tetapi diharapkan dapat mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari" jelas Paku Alam X.

Selain itu, Paku Alam X juga berharap terjadinya rasa persatuan dan kesatuan umat demi kesejahteraan bangsa.

Pembukaan STQ Tingkat DIYtahun 2017 ditandai dengan pemukulan Bedug oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam X. (Humas KP)