Ribuan Warga Saksikan JIAS 2017 di Kulon Progo

  • 02 Mei 2017 08:12:43
  • 1256 views

Sambutan Warga Kulon Progo terhadap JIAS 2017 di Alun-Alun Wates Luar Biasa. Ribuan orang baik laki-perempuan, tua maupun muda tumpah ruah menyaksikan pentas pilot, pesawat dan penerjun di atas Kota Wates. Penjabat Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat Kulon Progo terkait kedirgantaraan dan TNI AU.

"Ada info membanggakan bagi masyarakat Kulon Progo, salah satu putra terbaik Kulon Progo, akhid sebagai lulusan terbaik pilot sukhoi yang ada di Rusia. Ini bisa memotivasi" kata Budi Antono, saat pembukaan JIAS (Jogja International Air Show) 2017, di Alun-alun Wates, (28/4/2017).

Penjabat Ir.Budi Antono,MSi. juga menyampaikan, Pemkab Kulon Progo beserta masyarakat Kulon Progo menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Danlanud atas dilaksanakannya JIAS di Kulon Progo kepada dan menyampaikan selamat HUT TNI AU.

Penjabat Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi, bersama Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir.Novyan Samyoga,MM, bersama-sama membuka JIAS 2017 di Kulon Progo didampingi Forkompimda Kabupaten Kulon Progo, disaksikan Kepala OPD Pem.Kab. Kulon Progo, pecinta olah raga dirgantara, para siswa siswa SD, SMP, SMA dan SMK dan masyarakat umum.

Komandan Lanud Adisutjipto Ir.Novyan Samyoga,MM menyampaikan bahwa JIAS tahun ini memang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan di Kabupaten Kota di DIY, juga diikuti atlet Mancanegara.

"Kalau kemarin-kemarin hanya Jogja Air Show (JAS). Kalau sekarang sudah Internasional, sehingga diikuti atlet-atlet mancanegara dari 18 negara," Jelas Ir.Novyan Samyoga,MM.

Kegiatan Jogja International Air show yang pertama kali dilaksanakan di Alun-alun Wates ini mendapat apresiasi dan dikagumi oleh ribuan penonton masyarakat. Ribuan penonton memadati Alun-alun Wates dan berdetak jantung saat menyaksikan manuver Aerobatik dari The Jupiters. Setelah sekitar 30 menit terkesima dengan manuver The Jupiter warga masyarakat kemudian di suguhi dengan atraksi Aeromodeling. Setelah melihat show Aermodeling, kembali Warga masyarakat Kulon Progo kembali di debarkan dengan atraksi-atraksi puluhan penerjun professional dari berbagai penjuru dunia.

Tercatat ada 62 atlet dari 18 Negara yang turut ambil bagian dalam penerjuanan ini, yaitu USA, Rusia, Norwegia, Canada, Malaysia, Thailand, Korsel, China, Philipina, Italy, Perancis, German, Irlandia, Belgia, UAE, Belanda, Finlandia, dan Singapura.

JIAS 2017 merupakan event yang pertama kalinya ditampilkan di seluruh kabupaten dan kota di DIY dan acara puncak akan berlangsung di Pantai depok Minggu (30/4). Sengaja JIAS 2017 diselenggarakan untuk mendekatkan Masyarakat, dengan kedirgantaraan dan TNI AU, dan diharapkan lebih banyak generasi muda yang berminat untuk mengabdi kepada negara melalui TNI AU.

"Ternyata antusiasme warga Kulon Progo saaaangat luar biasa. Kami merasa bangga dan terharu dengan kegiatan ini, dan insyaalloh akan terus mendukung agar kegiatan terus berlangsung setiap tahun" kata Ir.Novyan Samyoga,MM

Jumlah yang hadir di Kulon Progo yang paling banyak dinilai tidak lepas dari kebijakan bupati yang mempersilahkan pelajar menghadiri acara dan mensinergikan dengan kegiatan lain, sehingga hasilnya memang luar biasa.

Dalam JIAS 2017 warga antusias menyaksikan pentas udara yang antara lain ditampilkan pesawat membawa Banner melintas, trike paramotor, Display Jupiter Aerobic Team, Terjun payung, Paramotor, Aeromodeling, Kesenian Jatilan dan pameran. Warga juga tampak ceria dengan berfoto bersama para penerjun dan foto di depan helikopter. (at@humaskp)